Membaca namanya mungkin sudah membuat pembaca Cirebon Kuliner mengerutkan dahi karena tidak mengerti apa arti “Ya Helwa”? Apa itu “Ya Helwa”? Penulis Cirebon Kuliner sendiri tidak tahu apa arti dari “Ya Helwa” namun yang pasti, “Ya Helwa” adalah resto di foodcourt CSB Mall yang menghadirkan kuliner-kuliner khas Arab atau Timur Tengah.

Penasaran, dan memang gemar dengan kuliner-kuliner dari Timur Tengah, penulis Cirebon Kuliner akhirnya menyempatkan diri untuk mengunjungi “Ya Helwa” di foodcourt CSB Mall kota Cirebon. Menu-menu yang ada di “Ya Helwa” ini di antaranya yang paling familiar di negara kita adalah nasi Kebuli dan Briyani. Penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi nasi Briyani.

Nasi Briyani menggunakan daging ayam sebagai lauk sumber proteinnya, berbeda dengan nasi Kebuli yang menggunakan daging domba. Saat hidangan Nasi Briyani ala “Ya Helwa” datang, penulis Cirebon Kuliner melihat, dari penampilannya, tidak otentik Timur Tengah, misalnya dari jenis nasi yang dipakai, bukan nasi berbentuk panjang dan kering yang biasa digunakan dalam kuliner-kuliner khas Timur Tengah yang menggunakan nasi. Begitu juga dengan aromanya, bau khas rempah-rempah tajam yang biasa tercium dari kuliner khas Timur Tengah tidak begitu tercium di nasi Briyani ala “Ya Helwa” ini.


Namun begitu, penulis Cirebon Kuliner tetap mencoba menikmati bagaimana rasa dari nasi Briyani ala “Ya Helwa” di CSB Mall kota Cirebon ini. Dan dari rasa, sama dengan aromanya, tidak begitu kental cita rasa khas hidangan Timur Tengah yang biasanya begitu tajam aroma rempahnya. Nasi Briyani ala “Ya Helwa” ini masih lembut di hidung dan juga “nyaman” di lidah.

Bagi penggemar makanan dari Timur Tengah, mungkin bisa jadi kurang puas, namun bagi masyarakat yang tidak begitu mempermasalahkan, ini tidak jadi masalah, karena menurut penulis Cirebon Kuliner, rasa dari nasi Briyani ala “Ya Helwa” ini masih tergolong enak. Oiya, penulis Cirebon Kuliner juga memesan satu porsi teh Arab. Rasa dari teh Arab ala “Ya Helwa” ini lumayan enak. Soal harga, “Ya Helwa” juga tidak mematok harga yang terlalu tinggi. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin mencoba menyantap hidangan ala Timur Tengah, boleh coba “Ya Helwa” di CSB Mall kota Cirebon.