Bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Cirebon, apapun tujuan kunjungannya, wisata kuliner hampir pasti menjadi salah satu tujuannya. Dan nasi jamblang dan empal gentong adalah dua kuliner khas Cirebon yang nampaknya paling populer bagi masyarakat dari luar kota Cirebon. Mencari tempat makan yang menjual dua kuliner khas kota Cirebon pun tentunya bukan perkara yang sulit.

Di wilayah kota Cirebon, telah hadir satu lagi tempat makan yang menjual nasi jamblang dan empal gentong khas Cirebon, namanya “KEMANINGEN.” Kata kemaningen dalam bahasa Cirebon berarti kurang lebih “ketagihan.” Iya, Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” yang berlokasi di jalan Kalibaru Selatan ini mencoba menarik para pelanggannya dan menjadi ketagihan karena rasa nasi jamblang dan empal gentong yang memang bikin ketagihan para penikmatnya.

Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” juga hanya menjual nasi jamblang dan empal gentong khas Cirebon. Dan dua kuliner khas Cirebon yang disajikan di Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” ini juga dimasak langsung oleh warung ini. Terlebih, pemilik Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” ini juga berasal dari daerah Jamblang.




Nasi jamblang yang berasal langsung dari daerah Jamblang Kabupaten Cirebon memang memiliki cita rasa yang khas, berbeda dari nasi jamblang yang diolah atau dimasak bukan daerah Jamblang. Contohnya daging dendengnya. Daging dendeng dalam menu nasi jamblang khas Cirebon yang asli dari daerah Jamblang tidak memiliki kuah. Sedangkan beberapa warung yang menjual nasi Jamblang menyajikan daging dendeng yang sedikit berkuah.

Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” juga menyajikan empal gentong khas Cirebon dengan sedikit berbeda. Letak perbedaannya adalah tidak menggunakan banyak lemak. Sehingga bisa dikatakan lebih sehat, terutama bagi mereka yang ingin menikmati empal gentong namun memiliki kondisi kesehatan yang mengharuskan mereka tidak mengkonsumsi bahan makanan tertentu.



Cita rasa nasi jamblang dan empal gentong di warung “KEMANINGEN” jalan Kalibaru Selatan kota Cirebon ini memang khas, yang pasti, dua-duanya enak. Harganya pun relatif terjangkau, tidak mahal. Jadi, bagi masyarakat kota Cirebon yang tinggal di sekitaran jalan Kalibaru kota Cirebon, bisa coba Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN.”
Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” jalan Kalibaru Selatan kota Cirebon buka setiap hari, kecuali hari Minggu, dari pukul 11:00 siang hingga pukul 21:00. Untuk satu porsi empal gentong isi daging, dijual dengan harga Rp 20.000,-, untuk isi campur dijual dengan harga Rp 18.000,- per porsi. Sedangan harga nasi jamblangnya tentunya bergantung dari pilihan isi atau lauk yang dipilih. Penasaran? Silahkan datang dan icipi Warung Nasi Jamblang dan Empal Gentong “KEMANINGEN” jalan Kalibaru Selatan kota Cirebon.
Empal Gentong ala warung “KEMANINGEN”

Nasi Jamblang ala warung “KEMANINGEN”