Masakan dari daerah Padang memang sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Dan pulau Jawa mungkin adalah salah satu daerah yang memiliki banyak sekali tempat makan yang menyajikan kuliner atau masakan Padang. Entah ada berapa ribu tempat makan Padang di pulau Jawa, dari kelas yang biasa saja, sampai kelas restoran mewah. Hampir seluruh masyarakat kita gemar dengan cita rasa khas kuliner dari Padang yang sebagian besar gurih pedas panas berkuah kental.

Di kota Cirebon sendiri, ada beberapa tempat makan masakan Padang yang populer. Salah satu yang populer adalah warung makan Padang “Minang Sepakat” yang berlokasi di sekitaran belakang PGC / Pusat Grosir Cirebon atau bekas Pasar Pagi, tepatnya di jalan Sukalila Utara, di seberang sebuah Gereja di belakang PGC.

Warung Makan Padang “Minang Sepakat” ini sudah lama populer dan memiliki banyak penggemar di kota Cirebon. Warung Makan Padang “Minang Sepakat” biasanya ramai sesak dikunjungi para pelanggannya yang ingin menikmati makan siang. Kebanyakan pelanggan Warung Makan Padang “Minang Sepakat” adalah karyawan kantoran atau para pekerja. Bahkan para pelanggan Warung Makan Padang “Minang Sepakat” tidak hanya datang dari daerah yang dekat sekitaran warung saja, yang datang dari agak jauh pun banyak.

Nasi Ayam Balado plus bumbu rendang dan Sate Padang ala “Minang Sepakat”

Di Warung Makan Padang “Minang Sepakat” ini kita tentu bisa memesan berbagai masakan khas Padang, termasuk Sate Padang. Betul, salah satu menu paling populer dan banyak digemari dari Warung Makan Padang “Minang Sepakat” ini adalah Sate Padang-nya. Oleh karena itu, saat berkunjung, yang dipesan penulis Cirebon Kuliner selain ayam balado khas Padang adalah sate Padang yang berbeda cita rasanya dengan sate Madura atau sate lainnya.

Untuk satu porsi nasi Padang dengan menu ayam balado, ditambah 5 tusuk sate Padang, Warung Makan Padang “Minang Sepakat” memberi harga Rp 22.000,-. Harga yang lumayan terjangkau menurut penulis Cirebon Kuliner. Pantas kalau banyak pekerja dan karyawan kantoran yang mengidolakan Warung Makan Padang “Minang Sepakat” sebagai tempat bersantap siang.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum pernah coba makan di Warung Makan Padang “Minang Sepakat” dan kebetulan bekerja dan bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi Warung Makan Padang “Minang Sepakat” di jalan Sukalila Utara belakang PGC, silahkan datang dan coba berbagai menu masakan Padang ala Warung Makan Padang “Minang Sepakat” di kota Cirebon.