Bagi pembaca Cirebon Kuliner yang sedang mencari bisnis kuliner bersistem franchise atau waralaba, ini dia satu lagi informasi dari penulis Cirebon Kuliner. Adalah Waroeng Sosis, yang kini biasa buka lapak tenda kaki lima di depan SMAN 2 jalan Cipto kota Cirebon. Dari namanya, pembaca Cirebon Kuliner tentu sudah dapat menebak kuliner apa yang coba ditawarkan Waroeng Sosis ini.

Betul, sosis. Sosis bratwurst ala Jerman adalah kuliner yang dihadirkan Waroeng Sosis. Sebelum membahas lebih jauh soal sosisnya, mari bicara sedikit dahulu mengenai Waroeng Sosis itu sendiri. Waroeng Sosis adalah merk bisnis franchise asal kota Bandung yang sudah ada cabang di beberapa kota di Indonesia, termasuk Cirebon. Bahkan, penulis Cirebon Kuliner mendapatkan informasi langsung dari sang pemilik Waroeng Sosis di jalan Cipto kota Cirebon bahwa, beliau ini selain franchisee atau pembeli franchise Waroeng Sosis dari Bandung, juga sebagai Master Dealer.

Artinya, pemilik Waroeng Sosis di Cirebon ini adalah semacam agen tunggal Waroeng Sosis. Artinya lagi, bagi siapa saja masyarakat yang tertarik dengan Waroeng Sosis dan ingin membeli franchise-nya untuk membuka cabang di lokasi tertentu, pemiliki Waroeng Sosis di Cirebon ini adalah the man to talk to. Okey, sekarang mari bahas menu kulinernya.



Waroeng Sosis menawarkan menu kuliner sosis bratwurst ala Jerman. Dimana, sosis daging sapi disajikan dengan dipanggang dengan cita rasa rempah-rempah yang khas. Selain sosis daging sapi, Waroeng Sosis juga menyediakan sosis bratwurst dari daging ayam. Variannya, Waroeng Sosis menawarkan empat pilihan sosis bratwurst, yaitu Cheezy, German, Blackpepper, dan Chicken. Masing-masing bisa dipesan dengan pilihan ukuran, small, large, dan jumbo.

Saat berkunjung, yang penulis Cirebon Kuliner pesan adalah Cheezy Bratwurst ukuran large seharga Rp 16.000,-. Saat pesanan datang dan mencicipi, menurut penulis Cirebon Kuliner Cheezy Bratwurst ala Waroeng Sosis ini enak rasanya. Cukup lezat, walaupun hadir tanpa elemen pelengkap lainnya dalam makanan, misalnya, kentang sebagai sumber karbohidratnya, dan juga sayuran sebagai sumber vitaminnya. Walaupun begitu, tetap enak kok. Dan dengan alasan ini juga, penulis Cirebon Kuliner mengkategorikan Waroeng Sosis ini dalam kategori “Makanan Ringan/Jajanan Berat” karena tidak ada unsur karbohidrat dan vitamin/serat, hanya protein saja dari sosis.

Sehingga menurut penulis Cirebon Kuliner, Waroeng Sosis paling cocok dijadikan pilihan bagi para kawula muda yang ingin mencari tempat tongkrongan kaki lima yang cukup nyaman, dengan pilihan menu cemilan yang agak mengenyangkan dan harga cukup terjangkau. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin mencicipi sosis dengan cita rasa ala Jerman, silahkan datang dan cicipi berbagai varian sosis bratwurst ala Jerman di Waroeng Sosis jalan DR Cipto kota Cirebon, tepatnya persis di depan SMAN 2. Buka dari sore sekitar pukul 17:00 hingga tengah malam.

 

UPDATE 3 Maret 2013

Penulis Cirebon Kuliner berkesempatan kembali mengunjungi Waroeng Sosis di jalan DR Cipto, depan SMAN 2 kota Cirebon. Kali ini, penulis Cirebon Kuliner datang atas undangan langsung dari sang pemilik. Dengan senang hati dan bangga, tentunya penulis Cirebon Kuliner datang berkunjung kembali.

Di kesempatan kedua ini, penulis Cirebon Kuliner disajikan dua porsi sosis Bratwurst khas Jerman ala Waroeng Sosis ukuran jumbo, dengan rasa blackpepper dan cheezy. Melihat ukurannya saja, penulis Cirebon Kuliner sudah sangat yakin kalau dua porsi sosis Bratwurst khas Jerman ala Waroeng Sosis ini akan sangat mengenyangkan.

Sebelumnya, penulis Cirebon Kuliner mencoba sosis Bratwurst ukuran large dengan rasa Cheezy atau keju. Saat menghirup aroma sosis Bratwurst khas Jerman ala Waroeng Sosis dengan rasa blackpepper, aromanya memang menggoda sekali, begitu juga dengan penampilannya, khas sosis bakar dari negara Jerman.

Dan rasanya, sesuai penampilan dan aromanya, enak. Harganya pun relatif murah, Rp 19.000,- saja. Waroeng Sosis memang sengaja memenuhi kebutuhan para penggemar sosis, khususnya sosis Bratwurst khas Jerman yang disajikan dengan dibakar, dengan aroma rempah yang khas. Bagi pembaca Cirebon Kuliner yang paham, tentu tahu bahwa harga sosis Bratwurst khas Jerman, yang disajikan di restoran, dengan penampilan yang lebih menarik, dan bahan makanan pendukung lainnya seperti kentang, sayuran, dan lain-lainnya, akan berharga cukup tinggi.

Mungkin, itu adalah satu dari beberapa background hadirnya Waroeng Sosis. Supaya masyarakat bisa menikmati lezatnya sosis Bratwurst khas Jerman. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin menikmati kelezatan sosis Bratwurst khas Jerman dengan harga terjangkau, silahkan coba di Waroeng Sosis yang biasa mangkal di depan SMAN 2, jalan DR Cipto kota Cirebon.