Tekwan mungkin tidak terlalu populer di kota Cirebon, meskipun begitu, kuliner Nusantara asal kota Palembang ini memiliki cita rasa khas yang nikmat. Sebagai informasi ringan, tekwan berasal dari kota Palembang, terbuat dari ikan dan sagu, disajikan dengan kuah udang, dengan bahan makanan pelengkap lainnya seperti bihun, bengkoang, jamur, daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Penulis Cirebon Kuliner sendiri secara tidak sengaja menemukan penjual Tekwan di YOGYA Grand jalan Karanggetas kota Cirebon. Dengan nama Tekwan khas “Ummi Tina” lapak ini menarik perhatian penulis Cirebon Kuliner untuk mencoba. Penulis Cirebon Kuliner pun memesan satu porsi Tekwan ala “Ummi Tina”. Dari penampilannya, Tekwan memang tergolong ke dalam hidangan sup. Aromanya yang gurih nan khas memang menggugah selera, apalagi jika disajikan hangat.

Bahan makanan utamanya sendiri adalah yang terbuat dari ikan dan sagu, berbentuk kecil agak bulat, dengan tekstur kenyal, dengan rasa yang gurih dari ikan. Kuahnya pun segar, apalagi disajikan dalam keadaan masih hangat, paling pas dinikmati saat cuaca mendung atau hujan. Dengan harga tidak sampai Rp 20.000,- per porsi, kuliner Tekwan khas Palembang ala “Ummi Tina” di areal foodcourt YOGYA Grand jalan Karanggetas kota Cirebon ini, memang layak dicoba.

Tekwan khas Palembang ala “Ummi Tina”