Kuningan berjarak kurang lebih 30 KM dari ke arah Selatan dari kota Cirebon. Dengan jarak tempuh kurang lebih 40-60 menit dalam kondisi normal menggunakan kendaraan bermotor, Kuningan biasa dijadikan tempat berwisata bagi warga kota Cirebon, begitu juga sebaliknya, warga Kuningan banyak juga yang berwisata ke kota Cirebon, bahkan mencari nafkah di Cirebon.

Kuningan sendiri memiliki jajanan khasnya, salah satunya adalah tape ketan. Yang membuatnya khas, selain rasanya, juga adalah penggunaan daun jambu air untuk pembungkusnya. Jika pembaca Cirebon Kuliner pernah melewati jalan di kota Kuningan, tentu banyak menemui penjual tape ketan di sisi-sisi jalan.


Iya, dahulu, tape ketan khas Kuningan tidak begitu populer, namun begitu banyak turis lokal lintas kota yang menyukai tape ketan khas Kuningan ini, penjual tape ketan khas Kuningan makin bertambah hingga kini. Rasanya yang khas, manis, sedikit asam, dan cita rasa khas dari fermentasi yang terjadi, juga sedikit aroma daun jambu air membuat tape ketan khas Kuningan kini semakin digemari.

Ada yang belum pernah mencoba? Silahkan datang kunjungi kota Kuningan, Jawa Barat, sekalian mampir ke kota Cirebon untuk berwisata kuliner.