Dari artikel yang CirebonKuliner dapat di internet, aslinya mie tektek berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Dan sebetulnya banyak kuliner yang serupa dengan tahu tektek, seperti misalnya Kupat Tahu dan Ketoprak. Lalu apa yang membedakannya? Menurut pengalaman CirebonKuliner, yang membedakan selain isiannya adalah dari bumbu kacangnya. Kupat Tahu bumbu kacangnya matang, ketoprak menggunakan kacang yang tidak dimasak dan berisi bihun. Sedangkan Tahu Tektek, nampaknya adalah yang paling sederhana. Bumbu kacang Tahu Tektek paling cair dibandingkan dua temannya tersebut.

Oke, langsung ke pokok pembahasan: Tahu Tektek “Mang Sadi” Desa Gombang. Di Cirebon, bisa dikatakan tidak banyak yang menjual Tahu Tektek. Mungkin lebih banyak penjual Ketoprak. Kuliner yang mendapatkan namanya dari suara khas yang dihasilkan dari si penjual yang membunyikan suara penggorengan dengan memukul-mukulnya ini memang tidak begitu populer di Cirebon. Namun, di Desa Gombang, daerah Plumbon, Tahu Tektek cukup populer.

Hal ini terlihat dari banyaknya penjual Tahu Tektek, terutama di sepanjang jalan Desa Bode menuju Desa Gombang. Namun, salah satu yang paling terkenal adalah milik Mang Sadi, yang saat ini sudah tidak terjun langsung karena pengaruh usia dan sekarang sudah muali digantikan oleh anaknya. Tradisional dan sederhana sekali bagaimana Mang Sadi menjajakan kuliner ini. Gerobak yang sudah lama tidak diganti, dan peralatan pendukung lainnnya yang juga sederhana.
Yang sangat khas dari Tahu Tektek Mang Sadi adalah cita rasa tahu gorengnya dan bumbu kacangnya. Tahu gorengnya begitu renyah walaupun tanpa adonan terigu seperti khasnya Tahu Sumedang. Bumbu kacangnya pun begitu gurih dan sedap. Sempurna dengan bahan pelengkap lain seperti lontong, toge, seledri, dan tentu saja, krupuk. Seperti pada umumnya, kuliner yang dijajakan secara tradisional dan sudah lama ada rasanya sederhana namun selalu menggoda untuk dicoba kembali.
Soal harga, sangat murah, hanya Rp 3.000,- saja. Dua kali lebih murah dari harga pasaran Ketoprak di Cirebon yaitu Rp 6.000 – Rp 8.000. Jadi, bagi anda pemburu kuliner tradisional, Tahu Tektek Mang Sadi sungguh layak dicoba. Biasa mangkal di pintu air Desa Gombang sekitar pukul 19.00 ke atas.