Seperti yang telah diungapkan penulis Cirebon Kuliner dalam ulasan Nasi Jamblang dan Pedesan Entog “Kartini,” bahwa kawasan jalan Kartini kota Cirebon telah menjelma menjadi kawasan dengan berbagai pilihan tempat makan dan kuliner yang beragam, dari gerobak dorong sampai restoran mewah.

Salah satunya adalah Surabi Bandung “Alvina” yang terletak di jalan Kartini kota Cirebon, tepatnya di samping Pizza Hut Cirebon, dan di samping Nasi Goreng Pak Gun.  Iya, Bandung memang terkenal dengan masyarakatnya yang kreatif dan inovatif, terutama di bidang kulinernya. Dan salah satu yang terkenal adalah surabi Bandung.


Surabi Bandung terkenal dengan berbagai inovasi pilihan topping-nya seperti keju, coklat, kacang, sosis, telur, sampai buah-buahan seperti nangka dan durian. Dan saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi surabi keju susu nangka dan surabi keju coklat susu, serta es teh tawar untuk minumannya.

Surabi Keju Susu Nangka ala “Alvina”

Rasanya memang unik, mungkin bisa dibilang lebih mirip karabikang dibandingkan surabi yang sebagaimana harusnya. Surabi Bandung “Alvina” ini memang cocok sekali dijadikan tempat nongkrong terutama untuk para kawula muda yang ingin menghabiskan waktu di malam minggu. Karena selain rasanya yang lumayan, tentunya harganya pun sangat terjangkau, dengan tempat nongkrong lesehan yang nyaman.

Satu lagi informasi penting yang penulis Cirebon Kuliner perlu utarakan di sini adalah pengelola dan pemilik warung Surabi Bandung “Alvina” ini adalah tampaknya asli dari Bandung, hal ini dapat terlihat dari logat bicara Bahasa Indonesia dengan aksen Sunda yang khas Bandung. Hal ini tentunya dapat dijadikan nilai plus karena mungkin ini adalah warung surabi Bandung yang dimiliki dan dikelola oleh orang Bandung aslinya.

Surabi Keju Susu Coklat ala “Alvina”

Jadi, bagi anda pembaca Cirebon Kuliner, kini bertambah satu lagi referensi untuk anda yang ingin mencari tempat tongkrongan di kawasan jalan Kartini kota Cirebon. Oiya, surabi keju susu nangka, surabi keju susu coklat dan dua es teh tawar yang penulis Cirebon Kuliner pesan hanya seharga Rp 13.000,- untuk total semuanya.