Kota Cirebon memang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dan perkembangan ini sedang berjalan hingga saat ini. Terlihat dari banyaknya berbagai macam fasilitas baru yang dibangun untuk masyarakat, terutama mall-mall besar. Salah satu aspek yang mengalami perkembangan yang membanggakan di kota Cirebon adalah aspek kulinernya.

Iya, paling tidak, dari yang diperhatikan penulis Cirebon Kuliner, sudah semenjak beberapa tahun terakhir Cirebon dijejali dengan banyak munculnya kuliner-kuliner atau tempat-tempat makan baru, dari mulai berkonsep kaki lima, sampai restoran. Dari yang khas Cirebon, hingga yang modern dengan berbagai macam konsep-konsep barunya.

Salah satu yang baru-baru ini muncul adalah Superdog, yang terletak di area depan Hotel Cirebon Plaza jalan Kartini. Hotel Cirebon Plaza sendiri adalah salah satu hotel yang berdiri sudah sangat lama di Cirebon dan masih bertahan hingga saat ini. Dan hadirnya Superdog dengan penampilan yang cukup segar dengan warna yang menonjol – merah dan kuning –  semakin menambah warna di kawasan jalan Kartini, dan tentu saja di dunia kuliner kota Cirebon.

Dari namanya, masyarakat Cirebon mungkin ada yang bisa menebak kuliner apa yang coba ditawarkan Superdog. Jika pembaca Cirebon Kuliner menjawab hotdog, maka jawaban anda betul. Yup, Superdog mencoba menawarkan kuliner Barat ini di kota Cirebon, tentunya dengan adaptasi di isiannya yang bukan menggunakan daging dog, melainkan daging sapi atau juga ayam.



Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis melihat konsep Superdog ini cukup menarik. Dengan lokasi di Hotel besar dan terkenal di pusat kota Cirebon, dan dengan penampilan warna menarik, serta posisi yang dapat dilihat langsung oleh pengguna jalan menjadikan Superdog ini mudah memancing perhatian para pengguna jalan yang melewati kawasan jalan Kartini.

Penulis Cirebon Kuliner juga melihat ada beberapa menu ‘hotdog’ yang coba ditawarkan Superdog, dari yang isiannya sederhana hingga yang lebih komplit. Dan yang dipiliha penulis Cirebon Kuliner adalah ‘hotdog’ dengan isian daging ayam fillet yang digrill, sayuran, dan tentu tidak ketinggalan, keju. Menu yang dipilih penulis Cirebon Kuliner ini seharga Rp 25.000,-. Ditambah satu botol air mineral, total yang harus penulis Cirebon Kuliner bayar adalah Rp 28.000,-. Harga yang cukup terjangkau tentunya.

Soal rasa, hidangan dari Superdog ini juga tidak buruk. Menurut penulis Cirebon Kuliner, Superdog bisa dijadikan alternatif pilhan tempat nongkrong bagi kawula muda yang ingin mencari tempat hangout yang tidak terlalu “berat” dengan menu-menu yang terjangkau, namun tetap berada di pusat kota, dengan pemandangan lalu lintas jalan utama. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang penasaran, silahkan datang dan kunjungi Superdog di jalan Kartini kota Cirebon, tepatnya di areal depan Hotel Cirebon Plaza.