Semenjak kemunculannya, kuliner ayam goreng ala Barat yang lebih populer dengan embel-embel fried chicken di belakangnya, langsung menjadi idola di Indonesia karena rasanya yang memang enak. Seiring waktu, semakin banyak merk-merk fried chicken lainnya di berbagai negara, juga di Indonesia. Seiring waktu pula, masyarakat Indonesia mulai meniru-niru olahan ayam goreng ala Barat ini. Pembaca Cirebon Kuliner sendiri tentu kini sudah mudah melihat atau menemukan banyak sekali pedagang kaki lima pinggir jalan yang menjual ayam goreng ala Barat ini.

Dan saat ini, paling tidak di kota Cirebon, nampaknya satu merk ayam goreng fried chicken ala Barat dengan konsep kaki lima yang paling populer adalah “Super” Fried Chicken. Apabila pembaca Cirebon Kuliner sering jalan-jalan melewati jalan-jalan kecil di kota Cirebon, mungkin sering melihat banyak sekali cabang-cabang kecil kaki lima “Super” Fried Chicken. Dan salah satunya yang penulis Cirebon Kuliner kunjungi adalah kedai kecil “Super” Fried Chicken di jalan Arya Kemuning kota Cirebon.


Seperti yang sudah ditulis di awal, banyak pedagang ayam goreng serupa di kaki lima di banyak kota di Indonesia, termasuk di Cirebon. Namun nampaknya, saat ini, baru “Super” Fried Chicken yang memiliki banyak cabang dengan konsep yang sedikit berbeda, yaitu dengan menyediakan sedikit space atau ruangan bagi pengunjung yang ingin makan di tempat, tidak di bawa pulang atau take away. Iya, penjual ayam goreng fried chicken lainnya kebanyakan hanya menjual ayam gorengnya dengan gerobak sederhana, sehingga pembeli tidak bisa langsung menikmati hidangan langsung di tempat dengan meja dan kursi makan yang layak.

Ini adalah salah satu kelebihan “Super” Fried Chicken tentunya. Saat mengunjungi salah satu kedai “Super” Fried Chicken di jalan Arya Kemuning kota Cirebon, penulis memesan menu paket seharga Rp 7.500,- saja yang isinya, 1 nasi, 1 ayam goreng, dan 1 air mineral kemasan gelas plastik. Dan dengan menambah Rp 2.500,-, penulis Cirebon Kuliner menambahkan 1 porsi tambahan nasi lagi. Total yang harus dibayar adalah Rp 9.500,- saja. harga yang tentunya sangat murah saat ini. Tidak heran, “Super” Fried Chicken memiliki banyak pelanggan.

Soal rasa, tentunya tidak adil jika kita membandingkan “Super” Fried Chicken dengan merk-merk yang lebih ternama. Rasa dari ayam goreng ala “Super” Fried Chicken ini tentunya lumayan saja untuk ukuran kuliner kaki lima yang merakyat, sederhana, dengan harga murah nan terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Tidak buruk, dan tentunya yang terpenting, layak konsumsi. Dan kehadiran “Super” Fried Chicken ini tentunya dapat membantu masyarakat berkemampuan ekonomi biasa-biasa saja, untuk dapat menikmati ayam goreng fried chicken dengan harga yang sangat terjangkau. Silahkan mencoba.