Saat ini, banyak kuliner asal luar negri yang diadaptasi dan ditawarkan di Indonesia oleh banyak tempat makan, salah satunya adalah jenis kuliner steak atau daging panggang. Di Cirebon, sudah ada beberapa warung makan yang menyajikan steak sebagai kuliner utamanya. Salah satunya adalah warung steak “Jalanan.”

Warung ini hanya buka di malam hari di jalan Karanggetas di depan salah satu toko emas di jalan Karanggetas. Yang membuat menarik adalah slogan “Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima”. Mirip salah satu restoran seafood franchise ya? Hehehee…


Penulis CirebonKuliner memesan beef steak. Tak lama memesa, steak pun datang. Yang membuat penulis CirebonKuliner agak kaget adalah tekstur dagingnya. Teksturnya ngga khas daging steak yang asli di potong langsung dari sapi. Tapi teksurnya adalah tekstur daging giling, yang amoh (tidak keras), mudah terpotong. Dan jelas, rasanya justru mirip dengan daging kornet.


Buat penulis CirebonKuliner, hal ini bukan sebuah kekurangan, namun justru bisa menjadi sebuah inovasi. Dan alangkah akan lebih menariknya jika tempat makan ini diberi nama – misalnya – Warung Steak Giling, karena dagingnya bukanlah daging steak kebanyakan namun daging giling seperti kornet. Dari tempat, rasa, dan harga, tempat makan ini cocok untuk para kawula muda yang ingin bersantap malam sekaligus nongkron bareng teman-teman.