Setelah selesai berkunjung ke Chunkee Chick, saya penulis CirebonKuliner dan Mas Acep lanjut ke Spazz Bistro sesuai ajakan Mas Acep. (Coba baca dahulu artikel Chunkee Chick di blog ini juga).

Seperti yang telah penulis CirebonKuliner utarakan dalam artikel Chunkee Chick, bahwa owner Chunkee Chick adalah juga owner dari Spazz Bistro yang ada di jalan Sisingamangaraja kota Cirebon dan juga di Grage Mall.


Spazz Bistro menawarkan kuliner-kuliner Internasional seperti Pizza, Pasta, Steak, dan lain-lain. Dan menurut saya pribadi, yang menarik adalah Spazz Bistro menawarkan kuliner-kuliner tersebut dengan cita rasa yang otentik dari negara asalnya.

 Semacam “game” untuk pengunjung yang membeli makanan minimal seharga Rp 200.000,-
Yang penulis CirebonKuliner pesan adalah satu porsi pizza Californian, Garlic Bread (roti bawang putih), satu gelas es teh tawar, dan satu gelas Iced Lemon Tea. Tidak begitu lama pesanan pun datang.
Pizza Californian
Pizza Californian yang dihidangkan bergaya original Italia yang tipis, dan inilah yang paling saya suka, originalitas dan otentik. Rasa yang ditawarkan dalam pizza dan garlic bread-nya pun menurut saya sangat enak. Begitu juga Iced Lemon Tea yang rasanya tidak pasaran seperti di tempat lain.
Satu informasi yang perlu penulis CirebonKuliner sampaikan adalah bahwa pemilik Spazz Bistro ini memang asli “pemain” di bidang kuliner, karena memang pernah bekerja di Swiss dan di Indonesia sendiri, bisnis utamanya adalah di bidang kuliner. Dan terlihat dalam menu-menu yang ditawarkan di Spazz Bistro miliknya, tidak sembarangan asal jadi.


Mudah-mudahan penulis CirebonKuliner mendapatkan kesempatan berkunjung kembali ke Spazz Bistro untuk mencicipi hidangan kuliner lainnya yang ada, dan juga untuk bertemu langsung dengan sang pemilik.



UPDATE 14/10/2012

Setelah beberapa lama, akhirnya penulis Cirebon Kuliner berkesempatan kembali mengunjungi Spazz Bistro di Grage Mall. Kali ini penulis Cirebon Kuliner beruntung, karena relasi penulis Cirebon Kuliner yang juga Head Chef di Spazz Bistro, Mas Andi, sengaja mengundang Manager Spazz Bistro, Mba Novi, untuk dipertemukan dengan penulis Cirebon Kuliner. Penulis Cirebon Kuliner dengan senang hati bertemu, berkenalan dan berbincang-bincang cukup lama dan mendapatkan cukup banyak informasi dan juga tukar pikiran.



Di pertemuan ini, penulis Cirebon Kuliner mengetahui bahwa memang Spazz Bistro ini digawangi oleh orang-orang yang memiliki passion di dunia kuliner, dari mulai pemilik, Manager, sampai ke Head Chef-nya.



Kali ini, penulis Cirebon Kuliner mencoba menu Spaghetti Chicken Cordon Bleu Spazz, Ham & Egg Pizza, dan Spicy Chicken Herbs Steak, serta minuman yang penulis Cirebon Kuliner jatuh cinta, Lemon Tea ala Spazz Bistro.

Spaghetti Chicken Cordon Bleu ala Spazz Bistro



Penulis Cirebon Kuliner yakin, belum ada restoran – paling tidak di kota Cirebon – yang menyajikan Chicken Cordon Bleu dipadukan dengan spaghetti. Dari penampilannya saja sudah menggugah selera dengan daging ayam yang tebal dan ada tiga potongan, ditambah dengan spaghetti yang porsinya juga cukup banyak. Rasanya, istimewa. Sangat mengenyangkan, karena tiga potongan ayam yang diisi dengan smoked beef dalam Chicken Cordon Bleu ala Spazz ini dilengkapi dengan spaghetti khas Italia yang juga dalam porsi cukup banyak. Plus, snack atau cemilan ringan yang ditaburi herbs atau rempah khas Italia yang khas sekali.

Spicy Chicken Herbs Steak ala Spazz Bistro



Spicy Chicken Herbs Steak ala Spazz Bistro adalah steak ayam dengan rasa pedas yang dihasilkan dari herbs atau rempah-rempah khas Italia. Yang membuat steak ayam ala Spazz Bistro ini berbeda dengan steak ayam kebanyakan adalah pada daging ayamnya. Daging ayam yang digunakan dalam Spicy Chicken Herbs Steak adalah daging ayam bagian paha yang di fillet, dibuang tulangnya bersih, namun tidak merubah bentuk dan merusak dagingnya. Dan rasanya, tentu istimewa, karena selain bumbunya yang khas, Spicy Chicken Herbs Steak ala Spazz Bistro ini juga dilengkapi dengan pelengkap seperti kentang dan Garlic Bread ala Spazz Bistro. Benar-benar, seluruh hidangan kuliner yang disajikan Spazz Bistro ini sangat mengenyangkan, jadi betul-betul tidak rugi berkunjung dan makan di Spazz Bistro.

Ham & Egg Pizza ala Spazz Bistro



Sedangkan Ham & Egg Pizza, adalah pizza dengan daging sapi asap atau smoked beef ala Spazz Bistro yang di bagian tengahnya terdapat telur yang dimasak bersamaan dengan pizzanya. Jadi jangan khawatir dengan nama “ham”-nya, karena bukan daging babi yang digunakan. Ide membuat Ham & Egg Pizza ini berawal dari inspirasi hidangan sarapan yang identik dengan telur ceplok dan susu. Maka dari itu Spazz Bistro berinovasi membuat pizza dengan telur di tengahnya, lengkap dengan susu sapi cair murni sebagai salah satu bahan pembuatan kuliner ini sehingga menambah rasa gurih dari hidangan kuliner ini. Ham & Egg Pizza ala Spazz Bistro ini sangat mengenyangkan. Dengan  ukuran sebesar 8 slices, hidangan kuliner ini menurut penulis Cirebon Kuliner cukup untuk dihidangkan untuk 3-4 orang.

Nah, minuman Lemon Tea yang penulis Cirebon Kuliner pesan juga bukan Lemon Tea biasa. Karena Lemon Tea ala Spazz Bistro ini adalah racikan yang istimewa dari produk teh pilihan yang diracik dengan bahan lainnya, sehingga menghasilkan rasa Lemon Tea yang sangat menyegarkan berbeda dengan Lemon Tea pada umumnya. Menurut penulis Cirebon Kuliner, rasa Lemon Tea ala Spazz Bistro ini tergolong mewah.

Tungku Bakar khas Spazz Bistro



Ciri khas lain yang membedakan Spazz Bistro dengan resto lainnya adalah dari penggunaan tungku bakar. Karena selain batu yang digunakan adalah import khusus, kayu bakar yang digunakan adalah kayu kopi, sehingga menghasilkan hidangan kuliner yang khas dan bercitarasa berbeda dengan resto-resto lainnya. Selain itu, Spazz Bistro juga memberikan kuliner gratis yang dijajakan pramusaji Spazz Bistro untuk para pengunjung Grage Mall yang berjalan kaki melewati Spazz Bistro. Dengan begitu, para pengunjung Mall bisa icip-icip rasa menu baru yang ada di Spazz Bistro.

Menu gratis dari Spazz Bistro yang dijajakan pramusajinya



Penulis Cirebon Kuliner merasa perlu menginformasikan bahwa pembaca Cirebon Kuliner dan masyarakat Cirebon seluruhnya perlu mengetahui bahwa Spazz Bistro bukanlah restoran mahal seperti yang terlihat dari kesan yang ditampilkan dari penampilan resto Spazz Bistro ini. Karena menu-menu yang disajikan Spazz Bistro ini sangatlah istimewa, unik, dan tentunya mengenyangkan. Jadi betul-betul tidak rugi untuk datang berkunjung ke Spazz Bistro di Grage Mall Cirebon ini.