Saat pertama kali mendengar soto tauji, penulis Cirebon Kuliner penasaran dan bertanya-tanya karena baru pertama kali penulis Cirebon Kuliner mendengar nama kuliner soto tauji. Apakah kuliner khas Cirebon yang sudah langka dan lama menghilang? Atau kuliner khas dari kota lain yang coba dihadirkan di kota Cirebon? Atau hanya salah satu dari sekian banyak hasil kreativitas para pebisnis kuliner di kota Cirebon saat ini?

Iya, pembaca Cirebon Kuliner juga mungkin baru pertama kali mendengar nama kuliner soto tauji kan? Baiklah, dibaca ya ulasan dari penulis Cirebon Kuliner ini. Adalah Soto Tauji “Mang Zi’ong” di jalan Pekiringan yang masih satu lapak dengan Mie Koclok “Mang Sam” seberang Apotik Pasar Balong. Dan penulis Cirebon Kuliner pun berkesempatan datang berkunjung untuk mencicipi dan mengetahui lebih banyak apa itu soto tauji.

Setelah sedikit menggali informasi, soto tauji adalah sejenis soto dengan kuah yang terbuat dari tauco, atau ampas kecap. Tauco, atau ampas kecap adalah olahan bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Isiannya, soto tauji menggunakan daging sapi yang dipotong ukuran kecil. Dilengkapi dengan mie, bihun, tauge, dan nasi atau lontong sebagai pilihan sumber karbohidratnya.


Soto Tauji itu sendiri ternyata bisa dikatakan adalah sedikit inovasi dari pebisnis kuliner di kota Cirebon, karena soto tauji ini mungkin ada kesamaan dengan soto Pekalongan ataupun juga soto Tegal. Mungkin karena penggunaan tauco itu tadi. Rasanya? Segar, gurih, cocok sekali jika dinikmati hangat-hangat di malam hari, terlebih jika cuaca sedang dingin atau hujan.

Nah, di Cirebon sendiri, soto tauji baru ada satu, yaitu Soto Tauji “Mang Zi’ong” di jalan Pekiringan, seperti yang sudah diungkapkan penulis Cirebon Kuliner di awal artikel ini. Selain enak, Soto Tauji “Mang Zi’ong” ini juga murah, tidak lebih dari Rp 10.000,- seporsinya. Jadi silahkan, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin mencoba kuliner yang baru untuk makan malam, bisa coba Soto Tauji “Mang Zi’ong” di jalan Pekiringan, seberang Apotik Pasar Balong, masih satu lapak dengan Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan.