Negara kita Indonesia memang memiliki berbagai keanekaragaman yang patur disyukuri. Dari jumlah pulau yang ribuan, budaya, suku bangsa, bahasa, hingga kulinernya yang berbeda satu sama lain dari masing-masing daerah. Salah satu kuliner Nusantara Indonesia yang paling populer dan memiliki banyak varian dari setiap daerah adalah kuliner berjenis soto.

Iya, setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki varian gaya dan rasa sotonya sendiri-sendiri, dari yang bening, hingga yang kental bersantan. Salah satu yang banyak disukai adalah Soto Betawi. Soto Betawi banyak kita temui selain di Jakarta sendiri, juga banyak di luar kota Jakarta termasuk di kota Cirebon. Walaupun di kota Cirebon tidak begitu banyak penjual soto khas Betawi, namun tetap soto yang satu ini memiliki penggemarnya tersendiri.

Salah satu warung makan yang menjual soto khas Betawi adalah warung tenda kaki lima yang sudah cukup lama berjualan di salah satu sudut jalan Cipto kota Cirebon, tepatnya di depan SMAN 2 kota Cirebon, yaitu Soto Betawi “999” M. Susilo Widodo Group. Yang membuat soto khas Betawi berbeda mungkin adalah kuahnya yang diberi tambahan sedikit mentega saat akan dihidangkan.


Cara ini membuat kuah dari soto Betawi menjadi semakin khas beraroma gurih harum mentega. Begitu juga rasanya, soto khas Betawi memang bercita rasa gurih, harum, sedap. Makin mantap ditambah sambal bagi yang doyan pedas. Isiannya pun kita bisa memilih sendiri yang dijual Rp 3.000,- per potongan kecil. Ada daging, babat, kikil, dan isian lainnya dari sapi.

Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis memesan satu porsi soto Betawi ala warung Soto Betawi “999” jalan Cipto kota Cirebon. Dengan pelayanan yang ramah, penulis warung soto khas Betawi ini semakin nyaman untuk disinggahi walaupun sekedar tenda kaki lima di pinggir jalan. Sepert yang telah diungkapkan penulis Cirebon Kuliner sebelumnya, soto khas Betawi ini memang beraroma begitu menggoda, apalagi setelah ditambahkan sedikit mentega yang dilarutkan dalam kuah sotonya.


Rasanya pun jelas gurih dan lezat sekali, dan memang paling pas dinikmati di malam hari, apalagi dalam kondisi cuaca yang sedang hujan, soto Betawi ini bisa membantu sedikit menghangatkan tubuh. Dengan tambahan krupuk dan teh manis hangat, dan seporsi nasi, penulis Cirebon Kuliner cukup membayar Rp 15.000,- saja untuk santap malam soto khas Betawi ala warung Soto Betawi “999” jalan Cipto kota Cirebon ini.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum pernah mencoba dan merasakan lezatnya soto khas Betawi, tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta, silahkan datang dan icipi di warung Soto khas Betawi “999” jalan Cipto kota Cirebon, tepatnya di depan SMAN 2 kota Cirebon, buka dari menjelang malam hingga malam hari.