Penulis Cirebon Kuliner yakin pembaca Cirebon Kuliner semuanya setuju bahwa dunia kuliner di kota Cirebon sekarang ini telah berkembang pesat, jauh lebih maju dibandingkan dengan kondisi bisnis kuliner di Cirebon di tahun-tahun sebelumnya. Banyak faktor yang mendukung terjadinya hal ini, namun apapun faktornya, penulis Cirebon Kuliner sungguh bangga dengan kemajuan dunia kuliner yang terjadi di kota Cirebon ini. Terlebih setelah berdirinya mall termegah di Cirebon saat ini, CSB Mall atau Cirebon Super Block Mall, makin menjadi lagi kemajuan dunia kuliner di Cirebon.

Dan salah satu dari sekian banyak bukti perkembangan dunia kuliner Cirebon adalah dengan hadirnya resto kecil di salah satu sudut food court di CSB Mall, yaitu “Simpanse” Korean Cuisines, atau yang lebih populer dengan naman “Simpanse” Ramen. Yup, setelah adanya kemajuan di resto-resto yang menawarkan hidangan kuliner Asia seperti Jepang, kini hadir satu lagi “Simpanse” Ramen yang mencoba menawarkan kuliner asal negara yang saat ini sedang banyak digemari anak-anak muda karena bintang-bintang K-Pop nya, Korea.

“Simpanse” Ramen tentunya tidak hanya menawarkan menu mie khas Korea-Jepang, Ramen saja. Di “Simpanse” Ramen tentu ada beberapa menu lainnya untuk dipilih, dan walaupun belum begitu lengkap saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, salah satu unsur penting menurut penulis Cirebon Kuliner adalah sisi otentiknya. Iya, menurut penulis Cirebon Kuliner, “Simpanse” Ramen cukup baik dalam mengedepankan otentisitas dalam menghidangkan sajian menu Korea-nya.

Salah satu buktinya adalah dari menu yang dipesan penulis Cirebon Kuliner, yaitu Bibimbap. Merasa asing, wajar saja, karena di Cirebon, “Simpanse” Ramen adalah Korean Resto pertama, tentu nama-nama menunya pun masih asing di telinga. Entah apa arti dari Bibimbap, yang pasti, kuliner yang satu ini berisi nasi, yang kemudian diberi topping daging sapi, jamur, beberapa sayuran, telur setengah matang di tengahnya, dan yang membuat rasanya otentik, saus ala Korea!

Dua gambar di atas adalah penampakan Bibimbap ala “Simpanse” Korean Resto, Cirebon
Dari segi rasa, menurut penulis Cirebon Kuliner masih cukup nyaman di lidah kita orang Indonesia walaupun mungkin untuk awal-awal ada sedikit kejutan dan penyesuaian. Elemen penting lainnya yang menambah orisinilitas menu kuliner Korea di “Simpanse” Ramen adalah perlengkapan makannya seperti sumpit yang terbuat dari bahan metal (stainless) dan sendok dengan bentuk yang khas. Walaupun tidak 100% otentik Korea, menurut penulis Cirebon Kuliner hal ini sudah cukup membanggakan dan menjadi nilai lebih bagi “Simpanse” Ramen.

Minuman yang ditawarkan juga tentu berbau-bau Korea. Kebanyakan masih minuman kaleng yang asli diimpor dari Korea. “Simpanse” Ramen memang belum memiliki menu Korea yang komplit pilihannya, namun tentu dengan yang sudah ada pun cukup memberi nuansa tersendiri di dunia kuliner di kota Cirebon. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin mencoba makanan khas negeri Korea, silahkan coba berkunjung ke “Simpanse” Korean Resto di CSB Mall jalan DR Cipto kota Cirebon.


Kimbap ala “Simpanse”

Bulgogi ala “Simpanse”