Sepertinya, ini kuliner baru di kota Cirebon, sate dan sop kuda. “Bang Teddy” nama penjualnya, lokasinya di jalan Cipto, tepatnya di depan SMAN 2 kota Cirebon. Warung Sate & Sop Kuda “Bang Teddy” ini biasa mangkal di depan SMAN 2 kota Cirebon dari sore hingga malam hari, dibantu istrinya, Bang Teddy menjajakan sate da sop kuda kepada masyarakat Cirebon.

Menurut penelitian, daging kuda memang beberapa kelebihan dibanding daging ayam atau sapi. Namun, yang paling menonjol adalah mungkin khasiat dari daging kuda, terutama bagian alat vitalnya, atau biasa disebut “torpedo.” Iya, daging kuda dan juga “torpedo”-nya dipercaya memiliki berbagai khasiat. Terutama, bagian “torpedo”-nya yang dipercaya ampuh membantu berbagai masalah kejantanan, seperti impotensi, ejakulasi dini, dan masalah ereksi.

Percaya atau tidak, penulis Cirebon Kuliner bertujuan semata memberikan informasi mengenai kuliner dari hewan kuda ini. Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis memesan 5 tusuk sate kuda dengan dua porsi lontong, semuanya ini seharga Rp 12.000,-. Relatif lebih tinggi memang harganya dibanding sate ayam maupun sate kambing.


Saat mencicipi rasanya, dari aromanya tentu berbeda dari sate ayam, apalagi sate kambing. Sate daging kuda beraroma lebih lembut dan khas. Sedangkan rasanya, sedikit lebih alot (keras) dibanding daging sapi, dan seratnya terasa lebih tebal dan lebih banyak. Selebihnya, dan secara keseluruhan, sate kuda ini enak. Dihidangkan dengan bumbu kacang dan irisan tomat, sate kuda ini terasa menyegarkan dimalam hari.

Bagi, yang belum pernah mencoba sate dan sop kuda, silahkan datang ke warung Sate dan Sop Kuda “Bang Teddy” di jalan Cipto, depan SMAN 2 kota Cirebon. Bagi kaum adam yang ingin mencoba khasiat dari “torpedo” kuda, juga kini tersedia di warung Sate & Sop Kuda “Bang Teddy.”