Sate adalah salah satu kuliner Nusantara Indonesia yang mana di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing dalam kuliner sate khasnya. Salah satu yang paling populer adalah sate khas Madura. Penjual sate ayam atau kambing khas Madura menyebar di banyak kota di Indonesia. Di Cirebon pun begitu, penulis Cirebon Kuliner sendiri sudah banyak mengulas kuliner sate ayam yang terdapat di kota Udang ini. Dan ini satu lagi kuliner sate ayam di kota Cirebon yang ingin diulas penulis Cirebon Kuliner.

Sebelumnya, penulis Cirebon Kuliner ingin menyampaikan informasi bahwa Sate Ayam “Mangga Kersa” jalan Tentara Pelajar kota Cirebon yang akan diulas penulis Cirebon Kuliner ini memiliki latar belakang cerita yang berkaitan dengan warung sate ayam Madura lainnya di kota Cirebon, yaitu Sate Madura “Cirebon Plaza” jalan Kartini kota Cirebon.


Iya, Sate Ayam “Cirebon Plaza” jalan kartini kota Cirebon adalah warung sate ayam khas Madura yang sudah ada cukup lama di kota Cirebon. Dahulu, hanya ada 1 Sate Ayam Madura “Cirebon Plaza” yaitu yang berada persis di seberang Hotel Cirebon Plaza kota Cirebon, dimiliki pasangan suami istri asli Madura yang kini sudah tiada. Kemudian membuka 4 cabang yang dikelola keluarganya, dan kini masih bersisa 3 lapak, yaitu yang berlokasi di seberang Hotel Cirebon Plaza jalan Kartini, di seberang Toko Aneka Buah jalan Kartini, dan di jalan Tentara Pelajar yang satu lapak dengan Bubur Sop Ayam “M. Kapi”. Ketiga lapak sate ayam Madura ini sekarang dikelola secara terpisah oleh masing-masing “pewaris” dari pemilik pertama.

Dan warung Sate Ayam Madura “Mangga Kersa” adalah yang berlokasi di jalan Tentara Pelajar kota Cirebon, sebelum jembatan (siang hari merupakan toko sepeda “Bengawan”). Penulis Cirebon Kuliner sendiri sudah berlangganan dengan sate Madura “Cirebon Plaza” semenjak dulu, baik yang di seberang Hotel Cirebon Plaza, maupun yang di seberang toko buah “Aneka Buah”. Dan penulis Cirebon Kuliner baru saja mencoba Sate Ayam Madura “Mangga Kersa” yang konon masih satu “warisan” dari Sate Ayam Madura “Cirebon Plaza”.



Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan 15 tusuk sate ayam dengan lontong seharga tidak sampai Rp 20.000,-. Soal rasa, memang tidak jauh berbeda dengan “saudaranya” di jalan Kartini, enak. Hanya saja, tempat makan yang lebih luas dan lebih nyaman adalah nilai lebihnya. Selain itu, ada juga pilihan kuliner lain yang masih satu lokasi, yaitu Bubur Sop Ayam “M. Kapi” khas Cirebon yang populer juga dan sudah ada ulasannya di web ini. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum pernah coba Sate Ayam Madura “Mangga Kersa” jalan Tentara Pelajar, silahkan datang dan kunjungi.