Ada cerita yang cukup unik dibalik Sate Ayam Madura jalan Kartini 2 ini. Sebelumnya, penulis Cirebon Kuliner pernah menulis tentang Sate Ayam Madura jalan Kartini (BACA SELENGKAPNYA DI SINI), dan di situ, penulis Cirebon Kuliner menulis bahwa sate ayam Madura yang ada di jembatan jalan Kartini adalah sate ayam Madura yang sama. Memang betul, tapi ada sedikit cerita di belakangnya.

Dulu, pemilik sate ayam Madura jalan Kartini adalah seorang Pak Haji asli dari Madura yang sudah lama tinggal di Cirebon dan berbisnis kuliner sate ayam Madura jalan Kartini selama puluhan tahun dan memiliki banyak pelanggan tetap dan setia. Sekitar beberapa tahun yang lalu, sang founder meninggal dunia, dan kini, usaha sate ayam Madura miliknya terbagi dua; yang di seberang Hotel Cirebon Plaza (yang perama kali diulas penulis Cirebon Kuliner), dan yang ada di seberang toko buah atau di dekat KFC jalan Kartini, yang sekarang akan diulas penulis Cirebon Kuliner.

Sate Ayam Madura jalan Kartini 1 dikelola oleh menantu alm. Pak Haji. Dan Sate Ayam Madura jalan Kartini 2 adalah yang dikelola oleh anak kandung alm. Pak Haji, atau adik ipar dari pengelola sate ayam Madura jalan Kartini 1. Pembaca Cirebon Kuliner tidak perlu bingung dengan sebutan “1” dan “2” karena ini hanyalah sebutan penulis Cirebon Kuliner semata supaya tidak bingung.


Yang terpenting dari semuanya adalah bahwa, rasa dan kualitas dari kedua sate ayam Madura yang sama-sama ada di jalan Kartini sama persis, sama-sama enak. Dan menurut versi dan selera penulis Cirebon Kuliner, kedua sate ayam Madura jalan Kartini ini adalah sate ayam Madura paling enak yang pernah penulis Cirebon Kuliner rasakan selama ini! Karena penulis Cirebon Kuliner sudah mencoba banyak sate ayam Madura, sampai keluar kota Cirebon – walaupun belum sampai ke Madura asli, dan belum sampai keluar pulau Jawa tentunya – dan tetap, dari semua yang dicoba penulis Cirebon Kuliner, sate ayam Madura jalan Kartini kota Cirebon adalah yang paling lezat versi penulis Cirebon Kuliner.

Dan selalu, yang menjadi favorit penulis Cirebon Kuliner semenjak dahulu setiap kali menyantap sate ayam Madura jalan Kartini kota Cirebon ini adalah sate kulit ayam. Sama ketika penulis Cirebon Kuliner kembali berkunjung ke sate ayam Madura jalan Kartini 2 ini, penulis Cirebon Kuliner memesan 15 tusuk sate kulit ayam dengan lontong seharga Rp 11.000,- saja. Dan tentu, rasanya belum ada yang belum berubah sama sekali, masih selezat dan senikmat dulu waktu masih alm. Pak Haji yang mengelola penuh. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum gemar makan sate ayam Madura, silahkan coba sate ayam Madura jalan Kartini kota Cirebon.