Sate adalah kuliner Nusantara yang banyak digemari masyarakat kita. Dan nampaknya, yang paling populer di Indonesia adalah sate khas dari daerah Madura, baik sate ayamnya, maupun sate kambingnya. Penulis Cirebon Kuliner yakin, di kota-kota besar di Indonesia, selalu ada penjual sate ayam Madura, dengan Abang-abang penjualnya yang asli dari Madura.

Begitu juga di kota Cirebon, ada beberapa sate khas Madura yang populer di kota ini, dan masing-masing nampaknya memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Salah satu yang sudah cukup lama ada di kota Cirebon adalah Sate Ayam khas Madura “Bang Udin” yang biasa mangkal di kawasan jalan Karanggetas kota Cirebon, tepatnya di depan gang Rotan.

Sate Ayam Madura “Bang Udin” ini buka setiap hari dari sore hingga malam hari, dan hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi para penggemarnya. Dan saat ini penulis Cirebon Kuliner berkesempatan mengulas sate ayam Madura ala “Bang Udin” di jalan Karanggetas kota Cirebon ini.


Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi sate ayam dengan lontong sebagai sumber karbohidratnya. Yang unik dari Sate Ayam Madura “Bang Udin” ini adalah mungkin penggunaan gang kecil bernama gang Rotan di jalan Karanggetas kota Cirebon sebagai tempat pengunjung yang ingin menikmati sate ayam / sate kambing / juga soto ayam Madura di tempat.

Setelah mencicipi, sate ayam ala  “Bang Udin” ini memang tergolong enak. Pantas saja lama bertahan dan masih banyak penggemarnya yang setia menikmati sate Madura “Bang Udin” ini. Selain itu, mungkin karena pelayanannya yang juga ramah dan juga harganya yang cukup terjangkau. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang gemar sate Madura, kini bertambah satu lagi referensi tempat makan sate Madura yang enak di Cirebon, yaitu di Sate Ayam Madura “Bang Udin” di jalan Karanggetas Gang Rotan kota Cirebon.