Sama seperti warung pecel Lamongan dan warteg, warung makan atau rumah makan atau resotoran masakan Padang ada dimana-mana, dari mulai kota-kota besar sampai kota kecil seperti Cirebon. Namun tetap, selalu ada yang rasanya unggul. Salah satunya adalah yang sudah ada di Cirebon cukup lama, yaitu RM Minang Saiyo yang terletak di kawasan Jln. Bahagia, tepatnya di seberang rumah-rumah makan Ayam Goreng Bahagia.

Kalo boleh penulis CirebonKuliner ceritakan terlebih dahulu, dulu rumah makan ini merupakan warung makan Padang kecil yang terletak di seberang KFC Cirebon Mall (HERO, yang sekarang sudah tidak ada), di depan bekas bioskop Abadi Murni yang sekarang sudah menjadi ACE HARDWARE, persis di belokan ke Jln. Pasuketan, dekat pos polisi tikungan depan KFC.

Saat masih di situ, warung ini terkenal dengan sebutan “warung pojok” atau “warung panas” karena selain tempatnya yang memojok, kecil, warung ini juga sangat panas. Panas karena cuaca kota Cirebon ditambah dengan pedasnya masakan-masakan Padang yang disajikan, terutama sambal ijo-nya.


Kemudian warung ini sempat pindah lagi di samping Restoran Padang “Sinar Budi” yang terletak di samping pabrik rokok BAT, persis di samping belokan menuju Rumah Duka di Pasar Talang kota Cirebon.


Sekarang kita bahas makannya. Pesanan penulis CirebonKuliner adalah nasi dengan ayam pop (ayam kuah) dengan bumbu rendang dan sambal ijo. Ini adalah menu favorit penulis CirebonKuliner semenjak pertama berlangganan di warung ini sewaktu masih di seberang KFC HERO.


Jujur, rasanya sedikit berubah. Lebih sedap dan nagih sewaktu masih menjadi “Warung Panas”. Walaupun begitu, rasanya tetap terbilang ENAK!! Terbukti, rumah makan ini masih didatangi para pelanggan setianya dari berbagai kalangan. Penulis CirebonKuliner pikir, kekuatan utama dari rumah makan ini adalah sambal ijo nya dan bumbu rendang, karena klo  diperhatikan, banyak pengunjung yang memasang berbagai varian menu, namun tetap meminta bumbu rendang dan sambel ijo.
Soal harga, rumah makan ini juga boleh dibilang cukup murah. Untuk dua porsi nasi ayam yang lezat, satu buah pisang, dan tambahan nasi satu porsi, cukup dengan harga Rp 35.000,- saja. Murah kan?? Apalagi, rumah makan ini bersih dan pelayanannya juga cukup baik. Ditambah lagi, rumah makan ini juga menyediakan fasilitas toilet dan musholla yang bersih bagi pengunjung muslim/muslimah yang ingin beribadah sholat.