Tanah Air kita Indonesia memang sangat kaya akan berbagai macam hal, dari mulai suku bangsa, bahasa, hingga kulinernya. Dan nampaknya, Jawa Barat adalah Provinsi yang selalu dijadikan barometer dalam berbagai macam aspek di Indonesia, dan sekali lagi, termasuk aspek kulinernya. Banyak kota di Jawa Barat yang memiliki kekayaan kuliner, yang paling populer dan digemari nampaknya adalah kuliner dari Tanah Sunda.

Di berbagai kota di Indonesia, kuliner khas Sunda semakin mudah ditemukan, dan banyak disukai masyarakat sekitar. Salah satu ciri khas masakan Sunda adalah cita rasanya yang cenderung manis dan sedap, walaupun karakter manisnya berbeda dengan manis yang ada pada kuliner Jawa Tengah seperti Jogjakarta ataupun Solo misalnya. Kuliner khas Sunda yang banyak terdapat di rumah makan-rumah makan khas Sunda adalah nasi Timbel, nasi Tutug Oncom, dengan lauk pauk khasnya seperti ikan Gurame, ikan Nila atau Mas, lalaban, sambal, sayur asem ala Sunda yang cenderung manis, sayur leuncah, dan masih banyak lagi tentunya.

Bagaimana dengan kota Cirebon? Di kota Cirebon, tentu tidak sedikit rumah makan yang menyajikan kuliner Sunda. Beberapa ada yang sudah populer di luar kota, namun yang dimiliki warga asli Cirebon keturunan Sunda, dan sudah termasuk populer di Cirebon adalah Rumah Makan “Tiara” yang berlokasi di jalan Kartini nomor 8, di sebelah kiri jalan, setelah rel kereta api, sebelum Masjid At-Taqwa, dari arah lampu merah Gunung Sari kota Cirebon.

Rumah Makan “Tiara” sudah berdiri semenjak tahun 2000. Pada awalnya, kegiatan usahanya hanya melayani pesanan cathering untuk hajatan, atau acara lainnya. Ketika usaha yang dimiliki warga asli Cirebon ini semakin maju dan menemukan jalannya untuk berkembang, baru pada tahun 2000 usaha cathering  ini menjadi Rumah Makan “Tiara” di jalan Kartini kota Cirebon.


Seperti halnya rumah makan khas Sunda lainnya, Rumah Makan “Tiara” menyajikan berbagai macam kuliner khas Sunda. Menu andalan dari Rumah Makan “Tiara” adalah nasi Rames, nasi Timbel, nasi Bakar, nasi Tutug Oncom, dengan lauk pauknya seperti ayam goreng, gepuk goreng, tahu dan tempe goreng, ikan asin, sayur asem atau sayur lodeh, lalab & sambal. Rumah Makan “Tiara” juga menyediakan nasi Tumpeng apabila ada masyarakat Cirebon atau pihak-pihak ingin memesan. Dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000,- sampai Rp 25.000,-an untuk paket komplit nasi Rames/Timbel/Bakar/Tutug Oncom, paket nasi dari Rumah Makan “Tiara” ini tentu tidak heran apabila banyak masyarakat kota Cirebon dan sekitarnya yang menjadi pelanggan setia Rumah Makan “Tiara” jalan Kartini ini.

Selain itu, Rumah Makan “Tiara” juga menerima pesanan nasi kotak dengan pilihan paket-paket nasi tersebut di atas tadi, untuk memenuhi kebutuhan makan siang kantoran, sekolah, atau pihak-pihak lain yang membutuhkan. Rumah Makan “Tiara” ini memang sudah sangat terbiasa dan profesional dalam melayani kebutuhan nasi kotak di wilayah kota Cirebon dan sekitarnya. Tidak heran jika Rumah Makan “Tiara” ini semakin maju, dan tidak pernah sepi pelanggan, baik yang datang dan makan di tempat, yang dibawa pulang, maupun yang pemesanan seperti nasi kotak.
Jam sibuk di Rumah Makan “Tiara” adalah jam-jam makan siang, yaitu sekitar jam 12 siang hingga jam 14 menjelang sore hari. Berbagai kalangan banyak mendatangi Rumah Makan “Tiara” jalan Kartini untuk makan siang, dari mulai karyawan swasta hingga pegawai negeri. Yang membuat Rumah Makan “Tiara” ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya, selain karena menu masakannya yang memang enak dan harganya yang relatif murah adalah lahan parkir yang cukup luas, daya tampung rumah makan yang juga mencapai 50 orang-an, pelayanan yang cukup baik, serta adanya fasilitas WiFi bagi pengunjung Rumah Makan “Tiara” yang membutuhkan koneksi internet.

Penulis Cirebon Kuliner sendiri tentu sudah berkesempatan datang berkunjung untuk mencicipi sendiri masakan dari Rumah Makan “Tiara” jalan Kartini nomor 8 ini. Saat berkunjung, yang penulis Cirebon pesan adalah satu porsi nasi Bakar komplit berisi daging gepuk, tempe, ikan asin, sambal, lalab, dan satu buah pisang. Dengan harga tidak sampai Rp 25.000,-, rasa yang enak, porsi yang lebih dari cukup, tentu pantas jika pelanggan Rumah Makan “Tiara” selalu datang dan datang lagi.

Rumah Makan “Tiara” beroperasi dari mulai pukul 8 pagi hingga 20:30. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner warga Cirebon dan sekitarnya yang berencana mampir, silahkan jangan ragu untuk datang kunjungi Rumah Makan “Tiara” jalan Kartini nomor 8 kota Cirebon, persis setelah rel kereta api sebelum Masjid At-Taqwa. Dan bagi yang berencana memesan nasi kotak untuk kebutuhan makanan kantoran atau lainnya, silahkan hubungi langsung Rumah Makan “Tiara” di nomor 0231-208548, 2525000, atau di 087829134710.

Nasi Tumpeng ala RM “Tiara”

Nasi Timbel ala RM “Tiara”

Nasi Bakar ala RM “Tiara”

Nasi Kotak ala RM “Tiara”