Setiap kota biasanya memiliki spot tertentu yang menarik untuk dikunjungi, baik karena pemandangannya, atau suasana malamnya. Di kota Cirebon, ada satu wilayah datarang tinggi yang sudah lama populer dijadikan para muda-mudi untuk menikmati malam minggu, daerah Gronggong namanya. Iya, kawasan Gronggong adalah kawasan yang terletak di jalan raya Cirebon menuju kota Kuningan yang terletak di kawasan yang lebih tinggi dari Cirebon. Sudah tentu, kawasan Gronggong adalah kawasan dataran tinggi kota Cirebon, sehingga dari kawasan Gronggong ini, bisa dilihat pemandangan indah kota Cirebon, dan akan lebih indah lagi jika dilihat saat malam hari.

Di kawasan Gronggong ini, terdapat banyak penjual jagung bakar untuk menemani para pengunjung menikmati pemandangan yang indah. Dan kini, Gronggong sudah memiliki restoran atau rumah makan yang cukup mewah dan luas, cocok sekali untuk kunjungan bersama keluarga, atau hanya berdua bersama pasangan. Karena rumah makan ini tentunya memiliki fasilitas tempat yang nyaman, dan pemandangan kota Cirebon di malam hari yang indah.

Adalah Rumah Makan “Klapa Manis” yang terletak tidak jauh dari tanjakan Gronggong. Warga asli kota Cirebon tentu sudah semuanya mengetahui tentang keberadaan RM “Klapa Manis” ini. RM “Klapa Manis” ini memang dianggap tempat yang cukup mewah. Dan penulis Cirebon Kuliner berkesempatan mengunjungi RM “Klapa Manis” yang terkenal ini. Dari luar, RM “Klapa Manis” ini memang nampak begitu menonjol di kawasan tanjakan Gronggong karena penampilannya yang cukup gemerlap, ditambah parkiran yang luas, sehingga semakin menambah penasaran untuk berkunjung karena melihat parkiran yang penuh disesaki mobil para pengunjung.


Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner sengaja mengunjunginya dimalam hari. Saat memasuki, memang menarik sekali, dilihat dari interior dan desain rumah makannya. Dan beberapa gambar yang diambil penulis Cirebon Kuliner adalah belum semua bagian dari RM “Klapa Manis” ini, karena masih banyak bagian atau area dari RM “Klapa Manis” ini yang belum sempat difoto oleh penulis RM “Klapa Manis.” Saat berkunjung penulis Cirebon Kuliner memesan beberapa menu, di antaranya, Iga Bakar Sambal Dabu Dabu, Mie Godok Jawa, Nasi Timbel Komplit, dan beberapa menu lainnya.

Walaupun harga menu kuliner di RM “Klapa Manis” ini tergolong agak tinggi, namun menurut penulis Cirebon Kuliner masih di batasan yan wajar, mengingat fasilitas rumah makan yang sepadan degan harganya. Soal rasa, menu-menu makanan di RM “Klapa Manis” juga menurut penulis Cirebon Kuliner sebetulnya lumayan saja, not bad. Oiya, di RM “Klapa Manis” juga ada fasilitas live music yang cukup menghibur para pengunjung RM “Klapa Manis.”

Yang terpenting menurut penulis Cirebon Kuliner adalah RM “Klapa Manis” ini tetap terkelola dengan baik, dan selalu dapat meningkatkan pelayanannya, agar bisa selalu berbanding lurus dengan penampilan dan fasilitas yang ada, sehingga masyarakat masih berminat untuk berkunjung, terlepas dari apa pun kekurangan yang mungkin dimiliki RM “Klapa Manis.” Selain itu, keberadaan RM “Klapa Manis” juga membantu kota Cirebon dalam kepemilikan restoran atau tempat makan yang cukup mewah dan memiliki kelebihan tersendiri yang didapat dari lokasinya. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum pernah berkunjung silhakan coba kunjungi RM “Klapa Manis” di jalan raya Cirebon-Kuningan, di  kawasan tanjakan Gronggong, sebelah kiri jalan dari arah kota Cirebon.

Nasi Timbel Komplit ala RM “Klapa Manis”

Mie Godok Jawa ala RM “Klapa Manis”

Iga Bakar Dabu-Dabu ala RM “Klapa Manis”