Salah satu makanan dari Barat yang cukup digemari masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat kota Cirebon adalah steak. Dan mungki salah satu kuliner Nusantara yang mirip-mirip dengan steak adalah iga bakar penyet. Nah, salah satu tempat makan di kota Cirebon yang menyajikan menu iga bakar dan juga steak adalah Resto Iga Bakar “Tiga”. Bukan hanya itu tentunya, Resto Iga Bakar “Tiga” menyediakan banyak pilihan menu makanan lainnya dengan kualitas menu dan pelayanan yang lebih.

Resto Iga Bakar “Tiga” berlokasi di jalan Moh. Toha kota Cirebon. Dari penampilan luarnya, Resto Iga Bakar “Tiga” ini sangat cozy dengan adanya space outdoor yang cukup luas, ditambah ornamen-ornamen yang menambah kesan nyaman. Mungkin banyak masyarakat kota Cirebon yang sering melewati jalan Moh. Toha dan melihat sekilas Resto Iga Bakar “Tiga” dan penasaran seperti apa di dalamnya, apa saja menunya, dan tentu, berapa kisaran harganya.

Untuk memenuhi rasa penasaran masyarakat kota Cirebon itu, penulis Cirebon Kuliner datang berkunjung ke Resto Iga Bakar “Tiga” jalan Moh. Toha kota Cirebon untuk mengetahui lebih banyak mengenai resto ini, dan membuat artikel ulasannya sebagai informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat kota Cirebon dan sekitarnya.


Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memang merasakan kenyamanan yang lebih dari cukup. Kenyamanan ini mungkin berasal dari pertama, lokasi Resto Iga Bakar “Tiga” yang tidak tepat berada di pusat kota, terlebih jalan Moh. Toha bukanlah jalan di kota Cirebon yang padat kendaraan, apalagi sampai macet. Dari sini saja, pengunjung Resto Iga Bakar “Tiga” bisa mendapatkan kemudahan, paling tidak, apabila dibandingkan jika pengunjung harus masuk mall, atau apabila mendatangi resto yang terletak di jalan utama yang padat lalu lintas atau macet.

Kedua, kenyamanan itu didapat dari interior dan suasana Resto Iga Bakar “Tiga” itu sendiri. Dan yang terakhir, tetapi yang terpenting, adalah keramahan dari para waitress di Resto Iga Bakar “Tiga” ini. Sedari datang, penulis Cirebon Kuliner sudah disambut dengan senyum dan sapa yang ramah dari crew di Resto Iga Bakar “Tiga” jalan Moh. Toha ini.

Begitu masuk ke area indoor, suasana nyaman juga masih terasa dengan adanya sofa yang terlihat sangat menggoda untuk diduduki, tentunya selain senyum dan sapa yang juga ramah dari para waitress di dalam. Dari buku menu yang disodorkan, penulis Cirebon Kuliner melihat ada berbagai menu yang bisa dipilih pengunjung Resto Iga Bakar “Tiga”, diantaranya adalah iga bakar, steak, nasi goreng, berbagai pilihan sop, dan masih ada beberapa menu makanan dan minuman lainnya.

Iga Bakar Saus Lada Hitam ala Resto Iga Bakar “Tiga”

Yang paling menarik menurut penulis Cirebon Kuliner adalah pilihan steak di Resto Iga Bakar “Tiga” ini, yaitu adanya pilihan steak dengan daging lokal, Australia, dan New Zealand atau Selandia Baru. Untuk pilihan lokal, seharga Rp 80.000,-an, Australia dan Selandia Baru seharga Rp 100-200.000,-. Bagaimana dengan rasanya?

Penulis Cirebon Kuliner memesan satu iga bakar dengan saus lada hitam, dan satu steak lokal dengan pilihan saus original. Iya, ada beberapa pilihan saus ketika kita memesan steak di Resto Iga Bakar “Tiga” ini; original, teriyaki, dan lada hitam. Begitu juga dengan tingkat kematangannya, pengunjung Resto Iga Bakar “Tiga” diberi pilihan setengah matang atau matang. Penulis Cirebon Kuliner juga memesan mint tea untuk minumnya. Tidak menunggu terlalu lama, pesanan datang. Setelah mencicipi, kualitas steak ala Resto Iga Bakar “Tiga” jalan Moh. Toha kota Cirebon ini tergolong baik.

Aroma daging steak-nya cukup menggoda, dagingnya tidak terlalu alot atau keras, juga tidak terlalu empuk, masih ada sedikit “perlawanan” dari dagingnya saat dikunyah, sehingga lebih terasa cita rasa daging sapinya. Berbeda dengan daging dari iga bakarnya yang sangat empuk dan lembut, tidak perlu usaha ekstra saat harus memotongnya kecil-kecil, cukup dengan sedikit tenaga menggunakan garpu, daging iga bakar ala Resto Iga Bakar “Tiga” ini sudah terpotong.

Steak dengan daging lokal dan saus original ala Resto Iga Bakar “Tiga”

Saus original untuk steak-nya juga enak, tidak neko-neko, namun memang pas, memang begini harusnya steak dengan saus original. Kentang gorengya juga cukup enak, dengan potongan yang tidak terlalu tipis, menjadikan ukuran yang cukup untuk makan berat. Sedangkan iga bakarnya diberi pilihan karbohidrat nasi atau kentang, dengan disajikan sudah lengkap dengan kuah sop yang juga bercita rasa gurih dan enak. Secara keseluruhan, menurut penulis Cirebon Kuliner, hidangan menu yang disajikan Resto Iga Bakar “Tiga” ini cukup pas dengan harga yang ditawarkan. Oiya, pengunjung juga diberi welcoming drink gratis saat awal datang, dan juga puding gratis sebagai makanan penutupnya.

Terlebih, mengingat pelayanan dan kenyamanan yang didapat pengunjung dari Resto Iga Bakar “Tiga” ini cukup mengimbangi harga yang dipatok. Mungkin, tidak banyak masyarakat kota Cirebon yang mencari resto dengan kriteria seperti Resto Iga Bakar “Tiga” ini. Namun, tentu tetap ada masyarakat kota Cirebon yang mengidamkan resto yang nyaman, pelayanan baik, menu masakan yang enak, dan lokasi yang tidak merepotkan ketika datang berkunjung. Jadi, semuanya tergantung preferensi dan kemampuan kita masing-masing.

Jadi, bagi yang mencari resto nyaman, menu enak, pelayanan ramah, dan lokasi yang mudah, serta daya tampung cukup banyak, terutama untuk kumpul keluarga atau relasi bisnis, atau wisatawan dari luar kota, Resto Iga Bakar “Tiga” jalan Moh. Toha kota Cirebon sangat bisa dijadikan pilihan.