Penulis Cirebon Kuliner ingin memperkenalkan satu penganan ringan khas dari Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, pilus kentang. Pilus kentang, sesuai namanya terbuat dari olahan kentang yang ditumbuk dan kemudian digoreng.

Dari penampilan dan cara pengolahan, sangat mirip dengan perkedel kentang. Hanya bedanya, pilus kentang tidak menggunakan banyak garam dan tidak memakai bumbu rempah-rempah. Karena pilus kentang disajikan manis.

Manis dengan cara santap dicocol-kan ke gula tepung. Pilus kentang biasanya selalu ada disaat-saat lebaran Idul Fitri, disajikan untuk para keluarga dan tetangga yang berkeliling rumah satu per satu untuk saling meminta maaf dan bersilaturahmi.

Dahulu, di daerah Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, masih relatif mudah menemukan penjual warungan yang menjajakan pilus kentang, namun kini nampaknya sudah semakin jarang. Padahal, cemilan ringan yang khas semacam ini layak sekali dilestarikan. Mudah-mudahan, di Desa Setu Wetan masih ada warga aslinya yang berniat membuat pilus kentang secara kontinyu sehingga pilus kentang dapat terus lestari.