Bagi kita masyarakat Indonesia, tentu sudah sangat akrab dengan salah satu kuliner khas dari kota Palembang, yaitu Pempek. Ketenaran Pempek sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hampir di setiap kota di Indonesia terdapat penjual pempek, baik yang asli dimiliki orang asli Palembang, maupun hanya warga lokal di kota.

Di kota Cirebon sendiri, pempek masih bisa dihitung jumlah penjualnya, terlebih yang rasa pempeknya enak. Salah satu yang pernah dibahas penulis Cirebon Kuliner adalah Pempek 99 yang terletak di jalan Bahagia kota Cirebon. Nah.. Tidak terlalu jauh dari Pempek 99, ada satu lagi penjual pempek khas Palembang yang juga sudah lama berjualan di Cirebon dan masih bertahan hingga artikel ulasan ini dibuat, yaitu Pempek di jalan Lemahwungkuk kota Cirebon.


Warung berukuran kecil di jalan Lemahwungkuk kota Cirebon ini sudah lama berjualan pempek khas Palembang. Pemiliknya pun warga keturunan yang dari logatnya jelas berasal dari Palembang. Hingga saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung ke warung Pempek jalan Lemahwungkuk, pemiliknya yang kini sudah berusia senja masih setia melayani langsung. Penulis Cirebon Kuliner sendiri memang sudah mengetahui keberadaan warung Pempek jalan Lemahwungkuk ini semenjak lama bertahun-tahun yang lalu. Dan kini berkesempatan untuk membuat ulasannya agar warung Pempek jalan Lemahwungkuk lebih dikenal masyarakat Cirebon.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi pempek kapal selam dan satu porsi pempek lenjer. Sambil berbincang-bincang dengan pemiliknya, penulis Cirebon Kuliner menikmati hidangan pempek dari warung Pempek jalan Lemahwungkuk ini. Rasanya masih sama dengan saat dahulu penulis Cirebon Kuliner masih berlangganan pempek di warung ini.

Walaupun sederhana, namun pempek jalan Lemahwungkuk kota Cirebon ini cukup istimewa karena daging ikan yang terdapat dalam pempeknya sangat terasa. Artinya, pempek di jalan Lemahwungkuk ini membuat pempek tidak dengan sembarang cara dan asal jadi, tapi tetap mengutamakan kepuasan pembelinya dengan memberi porsi daging ikan yang cukup banyak sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat. Begitu juga dengan kuahnya, pas rasanya.

Satu porsi pempek kapal selam dan satu porsi pempek lenjer ini seharga Rp 17.000,-. Harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan rasa pempek yang disajikan. Tentu, berbeda dengan pempek yang dijual di pinggir jalan atau di sekolah-sekolah anak-anak yang berharga murah karena daging ikannya yang tidak terlalu banyak juga.

Jadi, bagi warga Cirebon dan pembaca Cirebon Kuliner yang ingin menikmati pempek asli Palembang dengan rasa yang enak dan harga terjangkau, silahkan kunjungi warung Pempek khas Palembang di jalan Lemahwungkuk kota Cirebon.