Mie Koclok

Mie Koclok merupakan salah satu kuliner unik dari kota Cirebon. Nama 'Koclok' didapat dari mie-nya yang dikoclok-koclok dahulu didalam tempat merebus mie yang sudah berisi kuah khusus. Selain itu, Mie Koclok khas Cirebon juga disiram kuah yang unik, karena kental dan gurih, terbuat dari santan kelapa.

Sementara, isian lainnya yang ada dalam kuliner Mie Koclok khas Cirebon adalah suwiran daging ayam kampung, telor rebus, tauge, irisan daun bawang, bawang goreng, dan taburan merica. Rasa dari Mie Koclok khas Cirebon ini adalah gurih, dan sedikit asin.

Penggemar Mie Koclok khas Cirebon ini tentu tidak sedikit. Dan di kota Cirebon sendiri, penjual Mie Koclok khas Cirebon yang 'berusia' tua, populer, dan masih bertahan hingga sekarang ada beberapa. Satu informasi penting lagi, ada perbedaan antara Mie Koclok khas Cirebon, dengan Mie Kocok khas Bandung, selain dari penulisannya, dimana Mie Koclok khas Cirebon dengan huruf 'L', sedangkan Mie Kocok khas Bandung tanpa huruf 'L'.


Selain itu, dilihat dari isiannya pun berbeda, Mie Koclok khas Cirebon menggunakan mie kuning berbentuk bulat, suwiran daging ayam kampung, tauge, daun bawang, bawang goreng, kuahnya kental, putih berbahan santan. Sedangkan Mie Kocok khas Bandung menggunakan mie kuning gepeng, tauge, tetelan daging/kikil, bawang goreng, seledri, dan kuahnya berwarna agak kuning dan bening.

Beberapa penjual Mie Koclok khas Cirebon yang sudah puluhan tahun berjualan, paling populer, dan masih bertahan hingga saat ini adalah:

0 Komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi www.CirebonKuliner.com. Apabila berkenan, penulis CirebonKuliner.com berharap pembaca bersedia untuk menulis komentar yang positif atau kritik yang membangun, baik untuk kuliner/tempat makan yang diulas, ataupun juga untuk CirebonKuliner.com itu sendiri.