Khas Cirebon

Cirebon memiliki berbagai kuliner khasnya. Di halaman ini, penulis CirebonKuliner.com khusus membahas secara singkat namun tetap informatif mengenai berbagai kuliner khas Cirebon:

1. Nasi Jamblang
Nasi Jamblang adalah kuliner khas Cirebon dengan daerah otentik atau daerah asal di Jamblang, kabupaten Cirebon. Identitas nasi jamblang adalah nasi satu sampai dua kepal yang dibungkus dengan daun jati (pohon kayu jati) kering, yang kemudian dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk sebagai pelengkapnya seperti tempe goreng, sambal goreng, ikan asin atau panjelan, blakutak atau cumi, sate kentang, perkedel, goreng paru, daging, ati, ceplok bumbu merah, sate usus, sate telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Konon, asal muasal nasi jamblang adalah dahulu para nelayan di Cirebon membutuhkan bekal makan yang praktis untuk pergi berlayar, sehingga muncul ide untuk membawa bekal nasi yang dibungkus daun jati kering supaya praktis bisa dibuang daunnya setelah selesai makan. Sebelum pemilihan daun jati, ada ide pemakaian daun pisang, namun ternyata makanan yang dibungkus daun pisang tidak bisa seawet jika dibungkus daun jati. Dan sampai sekarang nasi yang sederhana ini masih lestari dan digemari berbagai kalangan masyarakat dari Cirebon maupun dari luar Cirebon.

Nasi Jamblang yang pernah diulas di Cirebon Kuliner:
- Nasi Jamblang Mang Dul


2. Empal
Empal adalah kuliner khas Cirebon dengan daerah otentik atau daerah asal di Battembat, kabupaten Cirebon. Dari penampilannya, empal khas Cirebon masih satu tipe dengan gulai kambing. Hanya saja, empal menggunakan daging dan daleman dari sapi, dengan cita rasa yang tentunya berbeda dengan gulai. Ada dua jenis empal; yang paling populer adalah empal gentong dan satu lagi yang tidak kalah lezat adalah empal asem dengan tampilan kuah bening dan rasa yang asam dan segar.

Beberapa empal yang pernah diulas di Cirebon Kuliner:


3. Nasi Lengko
Nasi Lengko adalah kuliner khas Cirebon yang bisa dibilang paling sehat, karena 100% protein nabati, non hewani. Hal ini bisa dilihat dari isian yang digunakan dalam nasi lengko khas Cirebon, seperti tempe dan tahu goreng, tauge, timun, daun seledri, dan bawang goreng. Hanya saja beberapa penikmat nasi lengko kini menambahkan sate kambing sebagai pelengkap supaya lebih nendang.

Beberapa nasi lengko yang pernah diulas di Cirebon Kuliner:


4. Docang
Docang adalah kuliner khas Cirebon dengan ciri khas penggunaan kuah yang diolah dari dage atau orang Sunda bilang oncom (oncom dalam bahasa Cirebon berarti tempe). Isian dalam docang adalah lontong sebagai karbohidratnya, dan pelengkapnya adalah daun singkong, tauge, siraman kuah dage.

Beberapa docang khas Cirebon yang pernah diulas di Cirebon Kuliner:
- Docang Kesambi
- Docang Pak Kumis
- Docang Ibu Icih


5. Bubur Sop Ayam
Yang membedakan bubur sop ayam khas Cirebon dengan bubur ayam pada umumnya adalah tentunya penggunaan kuah atau sop yang mengandung kaldu ayam yang disiram di atas hidangan bubur. Bahan lain sebagai isian dalam bubur sop ayam khas Cirebon adalah suwiran daging ayam, so'un, kacang, irisan kol, dan lain-lain.

Beberapa bubur sop ayam khas Cirebon yang pernah diulas di Cirebon Kuliner:
- Bubur Sop Ayam M. Kapi
- Bubur Sop Ayam M. Jamhari
- Bubur Sop Ayam M. Djohar


6. Mie Koclok
Mie koclok adalah kuliner khas Cirebon dengan isian mie, telur rebus, suwiran daging ayam, beberapa sayuran, yang kemudian disiram dengan kuah kental nan gurih yang terbuat dari santan.

Beberapa mie koclok khas Cirebon yang pernah diulas di Cirebon Kuliner:
- Mie Koclok Panjunan
- Mie Koclok "Mang Sam" jalan Pekiringan
- Mie Koclok "Pak Rasita"
- Mie Koclok "Ibu Ijah"


7. Tumis Ampas Kecap
Tumis ampas kecap adalah makanan daerah Cirebon dan Pantura, yang diolah dari ampas kecap atau disebut dengan tauco oleh masyarakat Cirebon. Cirebon memang memiliki lumayan banyak produsen kecap, sehingga tidak begitu sulit untuk menemukan ampas kecap di Cirebon untuk diolah menjadi tumis ampas kecap.

- Ampas Kecap


8. Tahu Gejrot
Tahu gejrot adalah kuliner ringan khas Cirebon. Tahu gejrot memiliki daerah asal di Ciledug, yang masih merupakan kabupaten Cirebon. Sampai saat ini penulis Cirebon Kuliner masih belum menemukan penjual khusus tahu gejrot khas Cirebon, kebanyakan masih dengan konsep sederahan keliling kota dengan membawa pikulan, walaupun sekarang sudah mulai ada beberapa yang menggunakan sepeda. Ulasan lebih mendalam ada di:

Tahu Gejrot khas Cirebon 



9. Kerupuk Melarat
Kerupuk melarat khas Cirebon digoreng dengan menggunakan pasir yang telah disaring bersih. Penggunaan inilah yang menimbulkan kesan melarat atau miskin karena tidak mampu membeli minyak goreng. Kerupuk melarat biasa disajikan dengan sambal kacang atau sambal asem.

- Kerupuk Melarat


10. Es Cuwing
Es Cuwing adalah kuliner dingin nan menyegarkan yang berisi olahan tanaman cuwing, kelapa, cendol, dan bubur lemu, serta disiram kuah santan dan cairan gula merah, dan tentu es batu. Ulasan penjual es cuwing khas Cirebon yang pernah diulas penulis Cirebon Kuliner:

- Es Cuwing A'Iman
- Es Cuwing Ampera


11. Kue Tapel
Kue Tapel adalah kue sederhana berasa manis dan gurih khas Cirebon. Kue Tapel saat ini sudah langka dan agak sulit dicari. Rasanya yang membuat kita ketagihan memang sudah seharusnya dilestarikan, karena ini adalah kue tradisional warisan Nusantara. Ulasan kue tapel khas Cirebon yang lebih mendalam:

Kue Tapel "Ibu Oom"

- Kue Tapel "Pasuketan"

Terimakasih telah mengunjungi www.CirebonKuliner.com. Apabila berkenan, penulis CirebonKuliner.com berharap pembaca bersedia untuk menulis komentar yang positif atau kritik yang membangun, baik untuk kuliner/tempat makan yang diulas, ataupun juga untuk CirebonKuliner.com itu sendiri.