“Original” Bistro Cafe adalah tempat makan yang sederhana namun cukup nyaman yang ada di jalan Ciremai nomor 9 (Pamitran) Cirebon. Jika bingung, dari arah jalan Kartini ke arah lampu merah Gunung Sari, belok kiri masuk jalan KS Tubun, sampai di pertigaan taman, tinggal cari jalan Ciremai.

“Original” Bistro Cafe dimiliki oleh seorang ekspatriat asal Jerman yang sudah memiliki istri warga Indonesia, dan tinggal di rumah yang satu bangunan dengan “Original” Bistro Cafe. “Original” Bistro Cafe menyediakan menu-menu kuliner ala Eropa, langsung dimasak oleh sang bule Jerman tersebut.


Soal harga, memang tergolong mahal, tapi menurut penulis Cirebon Kuliner, setelah mencicipi, memuaskan kok! Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner mencicipi satu porsi Breatwurst yaitu sosis besar ala Jerman dengan kentang sebagai sumber karbohidratnya. Kita bisa pilih fried atau mashed untuk kentangnya. Dan yang penulis Cirebon Kuliner pilih adalah dimashed saja.

Saat pesanan datang, tampilannya memang sangat menggoda, berbeda dengan sosis biasa pada umumnya, mungkin karena sang chef adalah orang asli Jerman. Breatwurst ala “Original” Bistro Cafe ini disajikan dengan dua pilihan saus, yaitu saus lada hitam, dan satu pilihan saus lain dengan cita rasa kacang, lengkap dengan mayonnaise dan sayuran yang disajikan di atas biskuit yang juga dapat dimakan tentunya.


Begitu mencicipi, semua elemen hidangan dalam breatwurst ala “Original” Bistro Cafe ini memang enak sekali! Sangat berbeda dengan hidangan sosis kebanyakan pada umumnya. Sosisnya gurih, mashed potato-nya pun sangat lembut dan ada sedikit aroma harumnya, dengan cita rasa yang nyaman di lidah. Semakin menggiurkan dengan saus lada hitam atau saus lainnya.

Ke depannya, penulis Cirebon Kuliner akan mencoba berkunjung kembali untuk mencicipi hidangan lainnya di “Original” Bistro Cafe ini. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin menikmati hidangan sosis atau steak yang dimasak langsung oleh bule, dengan cita rasa asli Eropa, silahkan datang kunjungi “Original” Bistro Cafe di jalan Ciremai nomor 9 (Pamitran).