Ini adalah cabang dari Nasi Lengko H. Barno jalan Pagongan yang memang lebih populer dan lebih ramai. Iya, Nasi Lengko H. Barno adalah tempat makan kuliner khas Cirebon, nasi lengko yang sudah populer hingga luar kota Cirebon. Yang utama adalah yang ada di jalan Pagongan, dan yang sekarang ingin dibahas penulis Cirebon Kuliner adalah Nasi Lengko H. Barno yang berlokasi di jalan Bahagia.

Nasi Lengko adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang walaupun tidak sepopuler empal gentong atau nasi jamblang, tetap memiliki penggemar yang tidak sedikit. Nasi lengko adalah kuliner khas Cirebon yang bisa dikatakan paling sehat karena berisi bahan-bahan nabati, tidak ada protein hewani, kecuali bagi yang ingin menikmati nasi lengko bersama sate kambing.

Nasi Lengko khas Cirebon berisi nasi, tempe goreng, tahu goreng, tauge, mentimun, kucai, bawang goreng, bumbu kacang dan kecap. Di Cirebon, nasi lengko bisa dinikmati pagi, siang, sore, juga malam. Kawasan jalan Pagongan adalah yang paling populer sebagai pusat nasi lengko khas Cirebon karena terdapat beberapa penjual nasi lengko khas Cirebon.


Dan Nasi Lengko H. Barno adalah yang terbesar dan terpopuler. Dan yang di jalan Bahagia ini, walaupun tidak seramai Nasi Lengko H. Barno di jalan Pagongan, tetap bertahan hingga kini. Buka dari pagi pukul 7 dan tutup malam hari, Nasi Lengko H. Barno jalan Bahagia tetap menjadi tujuan banyak masyarakat Cirebon yang ingin menikmati nasi lengko yang lezat.

Seperti halnya yang di jalan Pagongan, Nasi Lengko H. Barno jalan Bahagia juga menyediakan sate kambing sebagai pendamping nasi lengko dagangannya. Namun bagi yang tidak menyukai daging kambing atau sedang tidak ingin menikmati sate kambing, nasi lengkonya saja pun sudah sangat nikmat, walaupun sederhana.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang kebetulan sedang berada di kota Cirebon, dan ingin menikmati Nasi Lengko H. Barno yang terkenal, apabila tidak ingin mengalami antrian yang cukup panjang, bisa coba datangi cabangnya yang berada di jalan Bahagia, tidak jauh pusatnya di jalan Pagongan. Oiya, saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis memesan satu porsi nasi lengko dan 5 tusuk sate kambing seharga Rp 24.000,-.