Warga Cirebon, baik yang asli, maupun pendatang, pada kesempatan kali ini penulis Cirebon Kuliner sangat bersemangat untuk memberi informasi ulasan terbaru mengenai nasi Jamblang khas Cirebon. Kali ini, adalah nasi Jamblang khas Cirebon yang berada di pusat kota, kaki lima, dan selalu ramai sesak oleh pelanggannya setiap malam, dan inilah yang mengawali penulis Cirebon Kuliner untuk datang dan mencicipi.

Namanya, Nasi Jamblang “Pitri,” berlokasi di jalan Cipto kota Cirebon, tepatnya persis di samping pintu keluar GTC (Gunung Sari Trade Center) di seberang Grage Mall. Iya, warung Nasi Jamblang “Pitri” jalan Cipto kota Cirebon ini setiap malamnya selalu padat dan ramai oleh para pelanggannya. Hal inilah yang membuat penulis Cirebon Kuliner penasaran dan memutuskan untuk mencoba.

Saat berkesempatan berkunjung dan mencoba, Nasi Jamblang “Pitri” jalan Cipto kota Cirebon ini masih saja ramai oleh pengunjungnya, sekitar pukul 22:00 penulis datang berkunjung. Yang paling menarik menurut penulis Cirebon Kuliner adalah ke-khas-an dari Nasi Jamblang “Pitri” jalan Cipto ini, otentisitasnya, yaitu, warung tenda kaki lima, nasi yang terbungkus rapih daun Jati dan disimpan di dalam cepon (wadah nasi dari anyaman bambu) dan tentu bermacam-macam lauk pauk khas Cirebon.

Saat ini, ada warung nasi Jamblang khas Cirebon yang sudah populer, namun kurang khas dan cita rasanya, karena nasinya tidak dibungkus daun jati, namun disimpan terbuka, dan hanya dialasi daun Jati ketika akan disajikan saja, sehingga nasinya tidak memiliki aroma khas nasi Jamblang yang dari awal terbungkus daun Jati.


Nah… Apabila anda pembaca Cirebon Kuliner yang gemar makan nasi Jamblang, baik warga asli Cirebon maupun pendatang, di warung Nasi Jamblang “Pitri” pembaca Cirebon Kuliner akan menemukan keaslian dari penjual nasi Jamblang yang Cirebon banget!! Dari mulai warungnya, nasinya, hingga laukpauknya. Saat berkunjung, penulis memesan 3 porsi nasi Jamblang, 3 sambal, 3 tempe goreng, 3 perkedel kentang, 1 sate kentang, 1 panjelan (ikan asin goreng kering), dan bumbu daging, semuanya ini hanya Rp 10.000,- saja!

Murah? Tentu. Bagaimana dengan rasanya? Ini adalah tulisan yang jujur sejujur-jujurnya dari penulis Cirebon Kuliner, rasanya, sungguh sedepp banget!! Enak sekali! Nasinya, sambal gorengnya, tempe gorengnya, panjelan-nya, perkedel kentangnya, sate kentangnya, semuanya! Ini adalah bagaimana seharusnya rasa nasi Jamblang dan lauk pauk khasnya. Pantas saja kalau warung Nasi Jamblang “Pitri” jalan Cipto kota Cirebon ini selalu ramai setiap malamnya. Murah, enak, itu kan yang dicari kita semua sebagai konsumen?

Walaupun tempat makan berada di pingir jalan, kaki lima, dengan tempat duduk seadanya, namun justru hal inilah yang memberikan nuansa, sensasi, dan kenikmatan tersendiri. Bagi anda yang mengaku pecinta kuliner, pemburu kuliner, warung Nasi Jamblang “Pitri” jalan Cipto kota Cirebon ini adalah satu yang recommended  dan harus anda coba!