Salah satu kuliner khas Cirebon yang paling populer adalah nasi Jamblang. Tentu, jumlah penjula nasi Jamblang tidak terhitung di Cirebon. Dari mulai yang berjualan berkeliling di pemukiman penduduk, sampai yang sudah berbentuk resto. Salah satu kawasan di pusat kota Cirebon yang terdapat banyak warung penjual nasi Jamblang adalah di jalan Tentara Pelajar kota Cirebon.

Jalan Tentara Pelajar kota Cirebon merupakan pusat kota Cirebon, dimana di jalan ini terdapat Mall pioneer yang bisa dikatakan merupakan ‘perangsang’ atau stimulan yang membangkitkan banyak progress atau kemajuan di kota Cirebon, Grage Mall. Nah, tepat di seberang Grage Mall ini berjejer warung-warung kaki lima yang menjajakan nasi Jamblang beserta lauk pauknya.

Bagi wisatawan yang sedang berlibur mengunjungi kota Cirebon, tidak perlu susah payah mencari penjual nasi Jamblang, karena di pusat kota sekitaran Grage Mall pun banyak warung nasi Jamblang. Salah satunya adalah warung Nasi Jamblang “Mas Toto.”

Penulis Cirebon Kuliner mengunjungi warung Nasi Jamblang “Mas Toto” di hari minggu siang, artinya, di hari minggu saat weekend pun warung ini beroperasi, beserta beberapa warung tetangga lainnya yang juga berjualan nasi Jamblang khas Cirebon.


Saat datang berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan 3 porsi nasi Jamblang, sambal goreng, 2 tempe, 1 perkedel kentang, 1 panjelan atau potongan kecil ikan asin yang digoreng kering, daging dendeng khas nasi Jamblang, dan 1 es teh manis. Semuanya ini Rp 17.000,-. Harga yang relatif tinggi untuk ukurang warung nasi Jamblang kaki lima menurut penulis Cirebon Kuliner.

Soal rasa, menurut penulis Cirebon Kuliner standar saja, tidak buruk, tidak juga istimewa. Bagi masyarakat kota Cirebon, nasi Jamblang memang sudah menjadi salah satu kuliner favorit yang murah meriah. Walaupun saat ini, nasi Jamblang yang murah meriah hanya ditemukan di Ibu-Ibu penjual nasi Jamblang dipagi hari yang berjualan dengan berkeliling (ulasan Nasi Jamblang Keliling, klik di sini).

Namun begitu, penulis Cirebon Kuliner tentu berharap kuliner khas Cirebon semuanya, tidak hanya nasi Jamblang, dapat bertahan dan lestari sehingga dapat dinikmati sampai anak cucu dan keturunan kita semua seterusnya. Juga dapat dinikmati masyarakat luar kota Cirebon, bahkan luar Indonesia yang datang berkunjung ke Cirebon.