Langsung saja, Nasi Jamblang khas Cirebon yang sudah sangat lama buka lapak persis di belokan jalan Kolektoran – jalan Karanggetas kota Cirebon ini adalah nasi Jamblang yang otentik dan masih menjaga identitas asli nasi Jamblang – paling tidak, hingga artikel ini dibuat penulis Cirebon Kuliner. Bagaimana identitas asli nasi Jamblang yang sejati?

Nasi Jamblang yang sejati, asli Cirebon, otentik, tradisional, adalah nasi Jamblang yang NASINYA DIBUNGKUS DAUN JATI. Artinya, BUKAN SEKEDAR DIALASI DAUN JATI. Bukan nasi yang disimpan dalam alat penghangat nasi, lalu mendadak disajikan dengan alas daun jati, melainkan nasi yang dari persiapannya dibungkus dengan daun jati, lalu dibawa ke tempat berjualan, dan kemudian dibuka daun jatinya untuk kemudian disajikan kepada konsumen. Apa bedanya? Jelas beda! Cita rasa nasi yang dari awal persiapannya sudah dibungkus daun jati memiliki aroma dan “tekstru” yang berbeda.

Begini seharusnya nasi Jamblang khas Cirebon yang sejati. Dibungkus daun jati dan ditempatkan dalam wadah besar yang terbuat dari anyaman bambu.

Yup, Nasi Jamblang jalan Kolektoran kota Cirebon ini sudah bertahun-tahun ada. Biasa berjualan dari pagi hingga siang hari. Lalu, kembali berjualan di malam hari. Saat penulis Cirebon Kuliner menyempatkan diri untuk berkunjung pun memang sedang ramai sekali. Pelanggan datang silih berganti dengan cepat. Ramai, kosong, langsug penuh sesak lagi. Pelanggan yang datang berasal dari berasal dari berbaga kalangan. Dari mulai yang biasa saja, hingga dari kalangan atas.

Bagi masyarakat kota Cirebon sejati, penikmat kuliner sejati, yang ingin menikmati nasi Jamblang khas Cirebon yang otentik, WAJIB DATANG DAN COBA Nasi Jamblang jalan Kolektoran ini. Saat berkunjung, penulis memesan dua porsi nasi Jamblang, porsi sambal goreng khas nasi Jamblang, dua tempe goreng, satu porsi ikan tongkol khas nasi Jamblang, dan satu perkedel kentang. Berapa semuanya ini? Cukup Rp 7.000,- saja.

Walaupun lokasinya bukan di pusat kota Cirebon, bukan di dalam gedung yang permanen, tidak ada parkiran khusus, Nasi Jamblang jalan Kolektoran ini tetap ramai dikunjungi para pelanggan setianya dan para  pemburu nasi Jamblang yang “paham” mana nasi Jamblang khas Cirebon yang otentik, tradisional, sejati, enak, dan murah. Penasaran? Silahkan datang dan coba sendiri Nasi Jamblang jalan Kolektoran. Di jalan Karanggetas kota Cirebon, ada dealer motor Honda, persis di seberangnya ada jalan Kolektoran, di situlah lokasi Nasi Jamblang jalan Kolektoran.