Saat berburu kuliner pagi hari di penghujung tahun 2012, penulis Cirebon Kuliner menemukan kuliner yang menarik karena belum pernah penulis coba, nasi ayam khas Semarang. Tidak ada nama jualnya, jadi penulis beri nama Nasi Ayam Khas Semarang “Kanoman” karena lokasinya yang berada di sekitaran pasar Kanoman kota Cirebon.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner bertanya apa saja isi dari kuliner khas Semarang nasi ayam ini. dan penulis Cirebon Kuliner mengetahui bahwa isiannya adalah daging ayam, telor rebus, krecek, dan irisan sayur labu. Dari penampilan, menurut penulis Cirebon Kuliner setipe dengan nasi gudeg khas Yogyakarta. Satu porsi nasi ayam khas Semarang di pasar Kanoman ini, dengan tambahan krupuk dijual dengan harga Rp 14.000,-.

Begitu mencicipi, rasanya pun mirip-mirip dengan nasi gudeg khas Yogyakarta, hanya saja, nasi ayam khas Semarang ini tidak begitu manis, dan ada sedikit pedas. Tapi yang pasti, enak dan cocok sekali untuk dijadikan sarapan. Setiap kota di Indonesia memang memiliki kuliner khasnya masing-masing yang menggugah selera.


Mudah-mudahan artikel ulasan penulis Cirebon Kuliner ini dapat bermanfaat sebagai informasi bagi siapa saja yang sedang mencari info mengenai menu kuliner untuk sarapan pagi di kota Cirebon.