Di kawasan jalan Pandesan dan sekitarnya, banyak penjual kuliner berbahan dasar mie, dari yang memakai gerobak dorong, sampai yang sudah memiliki bangunan permanen. Salah satu tempat makan mie yamien di jalan Pandesan yang populer di kota Cirebon adalah Mie Yamien Bakso “Idaman.” Mi Yamien “Idaman” menyajikan mie yamien bakso, mie bakso urat, dan beberapa menu lainnya seperti es campur.

Saat penulis Cirebon Kuliner berkeempatan untuk mengunjungi warung makan Mie Yamien “Idaman” jalan Pandesan kota Cirebon, tempat makan ini memang sedang ramai dikunjungi pelanggannya. Memang, hampir setiap hari, warung makan Mie Yamien “Idaman” jalan Pandesa kota Cirebon ini tidak pernah sepi pengunjung.

Inilah yang membuat penulis Cirebon Kuliner tertarik untuk berkunjung dan mencicipi menu yang ada di warung makan Mie Yamien “Idaman” jalan Pandesan kota Cirebon. Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi mie yamien komplit ala Mie Yamien “Idaman” jalan Pandesan. Saat pesanan tiba, yang membedakan mie yamien “Idaman” dengan mie yamien kebanyakan di kota Cirebon adalah mie yang digunakan.


Mie Yamien “Idaman” menggunakan mie berdiameter kecil dan berbentuk bulat, berbeda dengan kebanyakan mie yamien atau mie baso di kota Cirebon yang biasanya berdiameter sedikit lebih besar, atau berbentuk gepeng, tidak bulat. Begitu juga kuah basonya, berwarna sedikit lebih gelap dari kebanyakan kuah baso pada umumya.

Setelah mencicipi, ternyata rasa dari mie yamien “Idaman” ini memang enak. Daging ayamnya pun terasa, tidak terlalu banyak bumbu, tapi enak. Sama halnya dengan kuah basonya, kuahnya memiliki cita rasa rempah yang terasa lebih tajam dibandingkan kebanyakan mie yamien pada umumnya. Satu porsi mie yamien komplit ala Yamien “Idaman” jalan Pandesan kota Cirebon ini berharga Rp 14.000,-. Harga yang relatif  murah menurut penulis Cirebon Kuliner mengingat rasanya yang enak.

Jadi, jika pembaca anda pembaca Cirebon Kuliner yang gemar dengan kuliner mie, khususnya mie yamien, silahkan coba mie yamien di warung makan Mie Yamien Bakso “Idaman” jalan Pandesan kota Cirebon.

Mie Yamien “Idaman” jalan Pandesan, Cirebon