Mie Koclok khas kota Cirebon memang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan yang dimiliki mie koclok khas Cirebon adalah dari kuah kentalnya yang disiram di atas mie dan bahan makanan lainnya. Jika kuliner khas Cirebon lainnya seperti empal gentong, nasi jamblang, dan nasi lengko mudah sekali ditemukan karena penjualnya memang banyak sekali, beda halnya dengan kuliner khas Cirebon, docang, dan juga mie koclok. Iya, penjual mie koclok khas Cirebon yang terkenal karena kelezatannya bisa dibilang masih dapat dihitung dengan jari.

Salah satu yang paling populer di Cirebon adalah Mie Koclok “Mang Sam” yang ada di jalan Pekiringan kota Cirebon, tepatnya di sebuah gang kecil menuju kios di seberang Apotik Pasar Balong. Sebelum membahas lebih jauh tentang Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan ini, penulis Cirebon Kuliner ingin menyampaikan informasi bahwa di jalan Lawanggada kota Cirebon ada juga penjual mie koclok yang ber-‘merk’ sama, “Mang Sam.” Namun yang perlu digaris bawahi adalah bahwa mie koclok Mang Sam yang ada di jalan Lawanggada BUKAN CABANG dari Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan!

Pembakarannya menggunakan bara, bukan kompor gas.

Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan adalah salah satu penjual mie koclok khas Cirebon yang tertua karena sudah ada di Cirebon sebelum tahun 1970. Awalnya, menurut informasi yang didapat penulis Cirebon Kuliner langsung dari pengelola Mie Koclok “Mang Sam” saat ini yang merupakan generasi ke-3 atau cucu langsung dari Mang Sam sendiri, Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan sudah ada semenjak sebelum tahun 1970.

Sebelum tahun 1970, Mie Koclok “Mang Sam” berjualan di area yang saat ini menjadi ex Pasar Balong. Iya,  dulu sebelum area tersebut dibangun menjadi Pasar Balong, di situlah Mie Koclok “Mang Sam” pertama berjualan. Dan semenjak Pasar Balong mulai dibangun, yaitu sekitar tahun 1970-an, Mie Koclok “Mang Sam” pindah di sebuah gang kecil yang terletak di jalan Pekiringan – masih dekat Pasar Balong – di seberang Apotik Pasar Balong, atau di seberang jalan Petratean.


Dan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan saat ini sudah sampai di generasi ke-3, yaitu cucu langsung dari Mang Sam. Dan sekali lagi, sampai ulasan ini ditulis penulis Cirebon Kuliner, Mie Koclok “Mang Sam” belum membuka cabang sama sekali, artinya mie koclok yang ber-‘merk’ sama, Mang Sam yang ada di jalan Lawanggada bukanlah cabang dari Mie Koclok “Mang Sam” ASLI di jalan Pekiringan!

Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung ke Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan, tempat makannya yang terletak di sebuah gang kecil ini sedang ramai dkunjungi pelanggannya. Memang, yang penulis Cirebon Kuliner perhatikan, Mie Koclok “Mang Sam” ini selalu ramai dikunjungi para pelanggannya setiap harinya. Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan ini mulai buka dari pukul 15:30 di depan pusat kebugaran BilGym di jalan Pekiringan, kemudian sekitar pukul 17:30 pindah ke gang kecil di seberang Apotik Pasar Balong jalan yang masih di jalan Pekiringan kota Cirebon, dan tutup sekitar pukul 23:00.

Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan tidak hanya menjual mie koclok khas Cirebon lho… Di sini, ada juga Bihun Koclok, dan juga Gado-gado. Yang penulis Cirebon Kuliner pesan saat berkunjung tentunya adalah mie koclok khas Cirebon, biar tahu dulu bagaimana rasa dari Mie Koclok “Mang Sam” yang legendaris ini. Dan rasanya memang enak sekali. Kuah mie nya tidak begitu kental seperti kebanyakan mie koclok khas Cirebon lainnya, sehingga bagi yang tidak begitu menyukai santan, mungkin tidak akan eneg begitu mencicipi Mie Koclok “Mang Sam” ini. Selain itu, yang unik dari MIe Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan adalah penggunana bara untuk pembakarannya.


Bahan makanan yang biasa terdapat di mie koclok khas Cirebon tentunya ada di Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan. Harga satu porsi Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan ini cuman Rp 10.000,- lho… Begitu juga untuk menu-menu lainnya, Bihun Koclok, dan Gado-gado, sama juga Rp 10.000,- per porsinya. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang asli Cirebon, atau yang berasal dari luar kota Cirebon yang kebetulan sedang berada di Cirebon dan penasaran ingin tahu bagaimana rasa dari mie koclok khas Cirebon, Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan adalah pilihan yang tepat untuk mencicipi.



UPDATE 23-11-2012


Saat berkunjung kembali, penulis Cirebon Kuliner memesan dua menu lainnya di Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan yang belum dicoba penulis, yaitu Bihun Koclok dan Gado-gado. Iya, selain mie koclok sebagai menu utama dan menu andalannya, Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan juga menyediakan Bihun Koclok dan Gado-gado. Mie Koclok khas Cirebon mungkin sudah umum, tapi kalo Bihun Koclok mungkin masih banyak yang belum nyoba, bahkan mungkin baru dengar.

Nah, bagi yang ingin baca ulasannya dulu sebelum mencicipi Bihun Koclok atau Gado-gado di Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan, ini penulis Cirebon Kuliner hadirkan ulasannya. Pada dasarnya, yang membedakan Mie Koclok dengan Bihun Koclok adalah tentunya sumber karbohidratnya, mi dan bihun. Yup, Bihun Koclok menggunakan bahan-bahan yang sama dengan Mie Koclok, kecuali mi-nya diganti dengan bihun.


Dan soal rasanya pun tentu sama lezatnya karena semua bahannya sama, hanya mungkin sensasi di mulut saat menikmati bihunnya, karena jelas bihun dengan mi memiliki rasa yang berbeda, tekstur yang berbeda juga. Jadi bagi penggemar bihun, boleh dicoba nih Bihun Koclok ala Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan. Sedangkan Gado-gadonya, rasanya juga tidak kalah lezat dengan Mie Koclok dan Bihun Kocloknya. Gado-gado ayam  ala “Mang Sam” ini memiliki kuah siram yang agak berbeda dengan gado-gado ayam kuah siram lainnya karena sedikit lebih encer, namun tetap lezat tentunya.

Iya, itulah ketiga menu andalan Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan, Mie Koclok, Bihun Koclok, dan Gado-gado. Silahkan mencoba.



UPDATE 15-Juni-2013

Lagi, penulis Cirebon Kuliner berkesempatan mengunjungi warung Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan, seberang Apotik Pasar Balong. Kali ini, penulis tertarik untuk mencoba sesuatu yang baru di warung Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan, yaitu tersedianya menu baru, wedang ronde dan berbagai macam jus.

Wedang ronde tentu adalah yang menarik penulis Cirebon Kuliner untuk dicoba karena minuman ini terbilang masih jarang penjualnya di kota Cirebon. Minuman hangat asal Solo ini memang sudah populer di berbagai kota di Indonesia. Dan mudah-mudahan, kota Cirebon tidak lama lagi juga akan menggemari minuman hangat yang satu ini.

Wedang ronde berisi isian yang mirip dengan kue moci, berisi kacang teng-teng, yang disiram dengan kuah sirup yang terbuat dari jahe. Sudah bisa diperkirakan, rasa dari wedang ronde adalah segar dan menghangatkan, cocok dinikmati dimalam hari, terlebih saat cuaca dingin.

Wedang ronde ala Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan ini juga selain murah, tentu enak, cocok dinikmati di malam hari. Cukup Rp 5.000,- saja per porsinya. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang sudah menjadi penggemar Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan semenjak lama, kini ada menu baru yang juga layak dicoba, yaitu wedang ronde. Oiya, ada satu lagi yang baru di lapak Mie Koclok “Mang Sam” jalan Pekiringan, Soto Tauji “Mang Zi’ong” silahkan baca artikel ulasannya di sini.