Memang, mie adalah bahan makanan yang bisa dijadikan kuliner dengan berbagai macam variasi, dari mulai mie baso, mie yamien, mie tek-tek, mie goreng, sampai mie ayam. Kesemuanya itu tentunya memiliki penggemarnya masing-masing, dan pada kesempatan ini, penulis Cirebon Kuliner ingin mengulas salah satunya, mie ayam.

Di kota Cirebon, ada penjual mie ayam yang sudah berkonsep modern. Seperti yang pembaca Cirebon Kuliner mungkin sudah tahu, kebanyakan penjual mie ayam hadir dengan konsep yang serupa, yaitu dengan gerobak sederhana dan mangkal di pinggir jalan dengan warung tenda sederhana pula. Nah, berbeda dengan Mie Ayam “Uwamie” yang terletak di kawasan Perumnas, tepatnya di Gunung Semeru 1 di samping Rumah Sakit Putera Bahagia.


Penulis Cirebon Kuliner senang sekali dengan perkembangan dunia kuliner di Cirebon. Termasuk dengan hadirnya Mie Ayam “Uwamie” di dunia kuliner Cirebon yang membawa warna tersendiri. Mie Ayam “Uwamie” hadir dengan “wujud” yang berbeda, yaitu dengan adanya tempat makan yang bangunannya sudah bersifat permanen, bukan tenda pinggir jalan.

Dengan konsep seperti ini, tentunya akan menambah kenyamanan para pelanggan yang datang ingin menikmati mie ayam karena tentunya tempat makan lebih bersih, dan adanya meja dan kursi yang lebih nyaman. Selain itu, Mie Ayam “Uwamie” juga menawarkan beberapa varian mie ayam, seperti mie ayam original, mie ayam baso, mie ayam ceker, dan mie ayam baso ceker, baso kuah bening, dan semur ceker. Semakin lengkap dengan pilihan minuman yang juga menarik, es Tjampolay susu dan Rosella Coco.

Mie Ayam Baso dengan Es Jeruk


Saat datang berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan mie ayam baso, dan mie ayam baso ceker, sedangkan untuk minumannya, penulis Cirebon Kuliner memesan  es jeruk dan es Tjampolay Susu. Rasa dari mie ayam baso dan mie ayam baso ceker di Mie Ayam “Uwamie” ini tergolong enak dan bercita rasa berbeda dengan mie ayam kebanyakan yang ada di pinggir jalan. Mie, baso, ceker, kuah baso dan suwiran daging ayamnya terasa segar.

Nah, khusus minuman es Tjampolay Susunya, penulis Cirebon Kuliner memang sengaja memesan yang satu ini karena selain Tjampolay adalah sirup khas Cirebon, penulis Cirebon Kuliner juga penasaran bagaimana wujud dan rasa yang ditawarkan Mie Ayam “Uwamie.” Dari penampilan, es Tjampolay Susu ala Mie Ayam “Uwamie” tampak begitu segar dan menarik dengan warna pink  dan adanya selasih. Rasanya juga sesuai sekali dengan penampilannya, sangat menyegarkan, apalagi diminum saat cuaca Cirebon sedang panas-panasnya dan setelah kita menikmati semangkuk mie ayam di “Uwamie.”

Mie Ayam Baso Ceker dengan Es Tjampolay Susu ala Mie Ayam “Uwamie”


Sedangkan soal harga, menurut penulis Cirebon Kuliner cukup murah kok, cukup Rp 27.000,- untuk satu porsi mie ayam baso, satu porsi mie ayam baso ceker, satu es jeruk, dan satu es Tjampolay Susu. Untuk informasi harga lebih lengkapnya, pembaca Cirebon Kuliner bisa lihat di daftar menu yang juga diposting dalam artikel ini. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang gemar menikmati mie ayam, silahkan coba Mie Ayam “Uwamie” di kawasan Perumnas kota Cirebon, jalan Gunung Semeru 1 di samping Rumah Sakit Putera Bahagia.

Daftar Menu di Mie Ayam “Uwamie”