Martabak adalah kuliner yang disukai banyak orang. Baik martabak manis maupun martabak asin, masing-masing memiliki penggemarnya. Di kota Cirebon sendiri, ada cukup banyak merk martabak yang populer, dan masing-masing dari merk tersebut memiliki penggemarnya masing-masing. Begitu juga dengan penulis Cirebon Kuliner, tentu secara pribadi memiliki satu merk martabak kesukaan penulis.

Dan menurut penulis Cirebon Kuliner, salah satu yang terbaik adalah martabak asli bangka, “San Frasisco.” Iya, Martabak “San Fransisco” yang berlokasi di jalan Bahagia nomor 62 kota Cirebon ini merupakan salah satu martabak yang sudah berusia tua dan masih bertahan hingga sekarang. Walaupun namanya sudah berganti menjadi “3 Star Moon,” namun nampaknya masyarakat Cirebon lebih suka menyebutnya dengan nama lamanya, yaitu Martabak “San Fransisco.” Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis mendapatkan informasi berupa cerita yang cukup menarik.

Marabak “San Fransisco” dimilki oleh warga keturunan Tionghoa dari Bangka yang berdomisili di Bandung. Seiring waktu, saudara-saudara dari sang founder tertarik untuk mengikuti jejak membuat dan menjual martabak dengan merk yang sama, tanpa sistem franchise atau waralaba. Dan pemilik Martabak “San Fransisco” yang ada di kota Cirebon ini adalah salah satu dari saudara founder Martabak “San Fransisco.”
Pemilik yang juga seorang Mualaf ini kini sudah tiada dan Martabak “San Fransisco” kini dikelola oleh sang anak. Walaupun Martabak “San Fransisco” sudah bersistem franchise, tampaknya bisnisnya tidak terlalu berkembang. Namun begitu, Martabak “San Fransisco” tetap menjadi martabak paling populer dan masih bertahan di kota Cirebon hingga kini.
Selain itu, Martabak “San Fransisco” juga bisa dianggap sebagai martabak paling bonafid, karena harga martabaknya yang relatif lebih tinggi dibanding harga dari merk-merk martabak lainnya yang ada di kota Cirebon. Namun harga yang relatif tinggi ini tentunya sepadan dengan kualitas produk martabak yang dihasilkan.
Paling tidak, terbukti dengan masih bertahannya Martabak “San Fransisco” hingga kini. Penulis Cirebon Kuliner juga turut membuktikan kelezatan Martabak “San Fransisco” saat mencicipi martabak keju susu kesukaan penulis Cirebon Kuliner yang dibuat oleh Martabak “San Fransisco” dan berharga Rp 38.000,- seporsi ini. Penulis Cirebon Kuliner sudah mencoba hampir semua merk martabak yang terkenal di Cirebon, dan Martabak “San Fransisco” ini adalah salah satu yang terbaik.
Bagi anda pembaca Cirebon Kuliner yang gemar menikmati martabak, baik manis maupun asin, silahkan boleh coba sesekali martabak di Martabak “San Fransisco.” Walaupun lebih mahal dari merk martabak lainnya di Cirebon, tentu tergantikan dengan rasa martabaknya.