Ini dia, salah satu martabak tertua di kota Cirebon yang sampai saat ini masih bertahan dan tetap eksis di tengah ketatnya persaingan martabak di Cirebon, Martabak Bangka “Kanada.” Betul, di kota Cirebon, saat ini bermunculan penjual martabak dengan penampilan menarik dan tampak selalu laris manis ramai dikunjungi para pelanggannya, di antara martabak-martabak yang populer di Cirebon dan yang sudah pernah diulas penulis Cirebon Kuliner adalah Martabak Sinar Bulan, Martabak Queen, dan Martabak Denis.

Dan seperti yang sudah disebutkan di awal, kali ini penulis Cirebon Kuliner ingin mengulas mengenai martabak yang sudah cukup lama ada di kota Cirebon, yaitu Martabak “Kanada,” yang sudah ada di kota Cirebon semenjak tahun 1998. Martabak “Kanada” terletak di jalan Kesambi, tepatnya di sebelah Apotik Azimat, sebelah kiri jalan, sebelum rel kereta api dekat jalan Lawanggada.


Saat ini, warung Martabak “Kanada” memang tidak sebesar dahulu, mungkin karena telah adanya martabak pesaing. Namun begitu, penulis Cirebon Kuliner perhatikan Martabak “Kanada” tetap memiliki pelanggan setianya. Terlihat dari hampir setiap malam warung Martabak “Kanada” penuh sesak oleh para pelanggan setianya yang sudah tahu bagaimana lezatnya Martabak “Kanada” ini.

Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung ke warung Martabak “Kanada,” penulis memperhatikan banyak yang menarik dari Martabak “Kanada,” di antaranya adalah warungnya yang kecil namun unik, dan yang pasti, menu pilihan martabaknya yang sangat variatif dan banyak pilihan. Dari adonanya, Martabak “Kanada” menyediakan pilihan adonan original (biasa), adonan aroma coklat, capucino, dan pandan. Kemudian, Martabak “Kanada” juga menyediakan berbagai isian, baik untuk martabak manis, maupun martabak telornya yang memiliki pilihan isian udang, cumi, juga kepiting. Ada lagi, martabak steak! Menarik bukan?! Penulis Cirebon Kuliner beranggapan, varian yang inovatif ini yang mulai banyak ditiru para pesaingnya.


Penulis Cirebon Kuliner memesan martabak favorit penulis, martabak keju susu. Oiya, para pembeli Martabak “Kanada” juga diberikan pilihan ukuran martabak manis ala Martabak “Kanada” ini, yaitu ukuran kecil, sedang, dan besar. Penulis memilih cukup martabak dengan ukuran kecil saja. Untuk menu dan harga, pembaca Cirebon Kuliner bisa melihat di gambar yang penulis Cirebon Kuliner upload.

Saat mencicipi, penulis Cirebon Kuliner cukup terkesan dengan rasa martabak keju susu dengan adonan biasa dari Martabak “Kanada” ini. Mengapa? Karena penulis Cirebon Kuliner merasakan rasa yang jauh lebih lembut dari martabak-martabak lain yang pernah penulis Cirebon Kuliner coba! Selain itu, adonan dan isiannya pun beraroma lebih harum dari martabak-martabak lainnya yang pernah penulis Cirebon Kuliner coba! Dan menurut versi penulis Cirebon Kuliner, ini adalah salah satu martabak terbaik di kota Cirebon! Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang gemar menikmati martabak, wajib coba martabak asli bangka di Cirebon ini, Martabak “Kanada.”