Negara kita ini memang unik, karena terdiri dari berbagai macam suku bangsa, dengan berbagai macam budaya, bahasa, dan tentunya juga berbagai macam kulinernya. Banyak daerah di Indonesia yang terkenal akan kulinernya, bahkan sampai di luar daerah tersebut, salah satunya adalah masakan khas Sunda. Nah.. kali ini penulis Cirebon Kuliner berkesempatan mengunjungi salah satu rumah makan khas Sunda asal Ciamis, yaitu “Manjabal 2” yang ada di jalan Siliwangi 126 kota Cirebon.


Dari tampilan luarnya, rumah makan “Manjabal 2” ini memang ‘ramah’ layaknya rumah sendiri, karena memang bangunannya tidak neko-neko, sederhana seperti rumah pribadi bergaya sederhana. Begitu masuk ke dalam, pembaca Cirebon Kuliner jika berkunjung akan diberikan pilihan untuk makan di meja makan yang biasa, atau dengan lesehan, atau di ruangan tersendiri dan tertutup yang lebih private yang bisa berguna untuk meeting kantoran atau bisnis.


Soal menu, tentunya rumah makan “Manjabal 2” ini menawarkan kuliner khas Sunda, seperti macam-macam gorengan seperti ikan gurame goreng, lengkap dengan lalaban dan sambal. Ada juga sayur asem, varian telur dadar, ikan asin, berbagai olahan udang, dan lain-lain. Masakan Sunda memang selalu menggugah selera. Dan bagi pembaca Cirebon Kuliner yang sedang ingin menikmati kuliner Sunda bersama keluarga, rumah makan “Manjabal 2” merupakan pilihan yang pas.