Di periode akhir 2017 dan awal 2018 ini kota Cirebon nampaknya makin dipercaya para pemilik modal untuk berinvestasi dalam berbagai sektor. Dan salah satu yang paling favorit adalah di sektor pariwisata, termasuk cafe. Lebih spesifik lagi, coffee shop atau kedai kopi.
 
Tidak mau kalah dengan kedai-kedai kopi lokal Cirebon yang independent, salah satu hotel di kota Cirebon yang sudah lama berdiri pun ikut meramaikan industri cafe di kota Cirebon. Hotel Langensari, yang terletak di salah satu spot jantung kota Cirebon, jalan Siliwangi, di akhir 2017 kemarin membuka Langensari Cafe & Resto.
 
Langensari Cafe & Resto dibangun dengan konsep modern coffee shop yang lengkap dengan segala fasilitas yang secara umum banyak dicari para customer cafe yang gemar nongkrong. Mulai ruangan luas dan ber-AC, juga ruangan khusus untuk merokok, area outdoor pun ada, WiFi gratis, sampai menu makanan dan minumannya itu sendiri.
 
Lebih spesifik ke kopinya, Langensari Cafe & Resto juga menyajikan menu kopi yang lengkap. Mulai dari minuman kopi dengan basic espresso yang dibuat dengan mesin espresso standar Internasional, seperti espresso, americano, cappuccino, caffe latte, dan lain sebagainya. Sampai minuman kopi yang dibuat menggunakan alat manual, atau yang lebih dikenal dengan manual brew seperti V60, vietnam drip, dan aeropress misalnya, dengan macam-macam pilihan biji kopi dari beberapa daerah di Indonesia.
Pembuatan menu minuman kopi ini juga dilakukan oleh barista berpengalaman, sehingga menghasilkan minuman kopi yang sesuai standar kedai kopi profesional. Sedangkan bagi konsumen yang kurang menyukai kopi, Langensari Cafe & Resto tentu memiliki berbagai macam menu minuman lainnya yang sama sekali tidak mengandung kopi seperti macam-macam milkshake, berbagai pilihan minuman teh, termasuk Signature Tea hasil kreasi Langensari Cafe & Resto yang layak dicoba.
Langensari Cafe & Resto juga menyajikan macam-macam kue dan pastry hasil kreasi dan produksi sendiri. Selain itu, Langensari Cafe & Resto juga memiliki konsep yang higienis, terlihat dari salah satunya dengan penggunaan mesin pembuat es batu sendiri. Sehingga es batu yang digunakan di Langensari Cafe & Resto bukan merupakan es batu yang dibeli dari produsen es batu seperti yang kebanyakan di cafe di kota Cirebon. Apalagi, air yang digunakan Langensari Cafe & Resto dalam proses pembuata es batunya juga menggunakan air mineral kemasan brand ternama.
Dari suasana tempatnya, Langensari Cafe & Resto ini cocok bagi para customer yang mencari cafe atau tempat nongkrong yang tenang, nyaman, cukup private karena tidak terlalu terbuka dan telihat dari sisi luar jalan raya, berfasilitas WiFi gratis, ada ruangan khusus perokok, maka Langensari Cafe & Resto sangat pas dipilih. Selain itu, harga menu yang dipatok Langensari Cafe & Resto pun masih tergolong terjangkau, mulai dari Rp 5,000 sampai Rp 35,000 saja.
Langensari Cafe & Resto buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 12 malam. Alamat lengkap Langensari Cafe & Resto adalah jalan Siliwangi nomor 127-129 kota Cirebon, persis satu lokasi dengan Hotel Langensari. Jadi, bagi pecinta kopi, dan cafe enthusiasts, silahkan coba kunjungi Langensari Cafe & Resto kota Cirebon.