Jalan Lawanggada kota Cirebon memang salah satu pusat berbagai macam kuliner di kota Udang ini. Dari kuliner untuk santap malam seperti ayam goreng, hingga kuliner ringan untuk ngemil. Salah satu yang kuliner yang sudah lama berjualan di jalan Lawanggada adalah Kupat Tahu Ciamis “Ibu Ade.” Kupat Tahu Ciamis “Ibu Ade” ini memang termasuk yang sudah lama berjualan di kawasan jalan Lawanggada.

Kupat Tahu Ciamis “Ibu Ade” juga tentunya lebih populer dengan sebutan Kupat Tahu “Lawanggada” karena letaknya yang berada di jalan Lawanggada. Saat penulis Cirebon Kuliner mengunjungi lapak Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” di sore hari, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi kupat tahu Ciamis ala Ibu Ade.

Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” kota Cirebon seharga Rp 10.000,- per porsi ini ternyata memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan kuliner serupa, seperti ketoprak, atau tahu tek tek yang juga ada di kota Cirebon. Yang membedakan adalah dari tahunya, tahu yang digunakan pada Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” ini berukuran lebih besar dan tebal dibandingkan dengan tahu goreng yang digunakan pada ketoprak Cirebon maupun tahu tek-tek. Teknik memotongnya pun dengan potongan besar-besar.


Kemudian, bumbu kacang pada Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” juga turut memberi cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan ketoprak Cirebon atau tahu tek-tek. Rasa Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” ini cenderung lebih gurih tanpa ada rasa pedas dan khas dari bawang putih seperti umumnya rasa ketoprak Cirebon. Bihun dan mentimun juga tidak digunakan pada Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada,” jadi isinya hanya kupat, tahu goreng, dan tauge saja, serta pelengkap krupuk udang.

Menurut penulis Cirebon Kuliner, rasa dari Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” kota Cirebon ini cukup enak dan khas, berbeda, tidak pasaran seperti layaknya ketoprak khas Cirebon. Bagi pembaca Cirebon Kuliner penggemar kuliner semacam ini, tentu tidak ada salahnya untuk mencicipi kupat tahu ala Ibu Ade di Kupat Tahu Ciamis “Lawanggada” yang biasa buka lapak di jalan Lawanggada kota Cirebon dari siang menjelang sore hingga malam hari.