Kue Tapel bisa dibilang adalah jajanan ringan khas Cirebon yang sudah agak langka, karena penjual kue tapel khas Cirebon di kota Cirebon sendiri hanya ada beberapa yang populer dan masih berjualan hingga saat ini. Yang paling populer di Cirebon dan pernah diulas penulis Cirebon Kuliner adalah Kue Tapel “Ibu Oom” yang terletak di dekat Pasar Kanoman.

Dan ini satu lagi yang masih berjualan hingga artikel ulasan ini dibuat, yaitu Kue Tapel “Pasuketan.” Sesuai namanya, kue tapel ini biasa dijajakan penjualnya di jalan Pasuketan kota Cirebon, tepatnya persis di lampu merah jalan Pasuketan menuju jalan Pekiringan. Tepat di depan sebuah toko Mas, di samping Hoogland Bakery.


Satu piece kue tapel khas Cirebon ini dijual dengan harga Rp 1.500,- saja. Rasanya manis legit, gurih dan ada renyah dari kulit adonannya. Lumayan untuk mengganjal perut, karena ada beberapa irisan buah pisang saba di dalamnya. Mungkin, kalau penulis Cirebon Kuliner boleh sebut, kue tapel khas Cirebon ini ada kemiripian dengan kue kering serupa yang berasal dari negara Perancis, crepes.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang penasaran dan belum pernah mencoba kue tapel khas Cirebon, silahkan datang dan coba kue tapel di jalan Pasuketan kota Cirebon, persis di lampu merah jalan Pasuketan, di samping toko roti Hoogland Bakery.