Ini dia, kue khas dari Cirebon, kue tapel namanya. Kue yang terbuat dari tepung beras yang dimasak di atas wajan penggorengan lalu diberi topping gula merah dan pisang yang dipenyet-penyet-kan di atas adonan tadi ini kini sudah agak sulit dicari, hanya ada beberapa penjual saja di Cirebon yang masih berjualan kue tapel ini.

Salah satu penjual kue tapel khas Cirebon yang masih eksis berjualan hingga saat ini adalah Ibu Oom. Iya, kue tapel “Ibu Oom” ini biasa berjualan di kaki lima pinggiran jalan Winaon, di sekitaran Pasar Kanoman kota Cirebon.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner berkesempatan untuk memesan dan mencicipi kue tapel khas Cirebon yang sudah mulai langka ini. Rasanya memang sederhana, manis dan gurih, namun ini adalah tipe kue yang bikin ketagihan ketika sudah mencoba.


Betul, kue tapel khas Cirebon ala “Ibu Oom” ini memang rasanya memaningen atau membuat kita ketagihan. Dijual dengan harga Rp 3.000,- per porsinya, kue tapel khas Cirebon ala “Ibu Oom” ini selalu diantri-antri oleh para pembeli yang ingin menikmatinya, terutama setiap hari Minggu pagi.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin mencicipi kue tapel khas Cirebon yang sudah mulai langka ini, silahkan datangi lapak “Ibu Oom” di kawasan Pasar Kanoman, dan datang sepagi mungkin agar dapat antrian pertama.