Kitchen 501, siapa yang pernah mendengar namanya? Bagi warga asli kota Cirebon, terutama yang tinggal di sekitaran jalan Bahagia atau sering melewati jalan Bahagia kota Cirebon mungkin sedikit banyak sudah tahu tentang Kitchen 501. Namun bagi masyarakat dari luar kota Cirebon, mungkin baru kali ini mendengarnya. Dan dalam artikel ini, penulis Cirebon Kuliner akan mengulas mengenai Kitchen 501.

Kitchen 501 adalah sebuah tempat makan di kota Cirebon, tepatnya di jalan Bahagia nomor 50. Kitchen 501 memiliki konsep yang nice dan mungkin baru pertama di Cirebon. Kitchen 501 menggabungkan 3 konsep di dalamnya. Dari penampilan luarnya, Kitchen 501 sudah menarik perhatian masyarakat Cirebon, terutama pengguna jalan yang melewati jalan Bahagia kota Cirebon.

Dari penampilannya, Kitchen 501 ini bergaya western. Dari luar, nampak ada seat atau tempat duduk bagi para pengunjung, yang sekilas mirip bar di cafe-cafe luar negeri sana. Dari luar juga nampak ada 3 lantai dalam bangunan Kitchen 501 ini. Dari unsur penampilan luarnya saja, tentunya sudah memberi rasa penasaran bagi masyarakat Cirebon tentang Kitchen 501 ini.

Dengan 3 lantai, Kitchen 501 menghadirkan suasana dan konsep yang berbeda di setiap lantainya. Di lantai pertama, Kitchen 501 mencoba menghadirkan nuansa cafe pinggir jalan ala luar negeri, cocok bagi para pengunjung yang ingin datang dan makan dengan sedikit cepat dan tidak berlama-lama di dalam resto. Mungkin, lantai 1 Kitchen 501 ini paling cocok untuk pegawai kantoran yang ingin makan siang dengan cepat.

Lantai 1 Kitchen 501

Lantai 2 Kitchen 501
Lantai 3 Kitchen 501


Di lantai kedua, Kitchen 501 menghadirkan ruang makan yang sangat cocok untuk keluarga, atau pasangan muda-mudi yang membutuhkan tempat makan dengan nuansa yang cukup romantis. Suasana cozy  didapat dari meja dan kursi bagi para pengunjung, serta interiornya yang memang didesain sangat nyaman bagi para pengunjung yang ingin makan dengan suasana yang cukup private, tidak berisik, dan eksklusif tentunya, sehingga menjadikan lantai dua Kitchen 501 ini sangat cocok untuk makan malam keluarga, atau juga untuk para pasangan muda-mudi yang datang berdua.

Sedangkan di lantai ketiga, Kitchen 501 menghadirkan space yang segmentasinya sangat cocok bagi kawula muda yang ingin nongkrong atau hangout bersama teman-teman. Dengan posisi di lantai teratas, terbuka, dengan lampu temaram, nuansa semacam ini tentu cocok sekali bagi para kawula muda yang ingin bersosialisasi dengan teman-temannya dengan suasana santai, nyaman, terbuka, dan berada di lantai teratas sehingga bisa memberi pemandangan dan suasana tersendiri.

Dari sisi menu, Kitchen 501 mencoba menawarkan berbagai menu, mulai dari western, Chinese, hingga menu-menu Nusantara Indonesia. Komplit sekali memang range menu yang ditawarkan Kitchen 501 ini, sebut saja, dari mulai burger, sandwich, spaghetti, steak, sampai ke mie yamien, hingga nasi rendang, ada di Kitchen 501. Dari ayam goreng kremes, sop buntut, iga bakar, sampai pasta ala Italia ada di Kitchen 501.

Dan satu nilai yang patut dihargai dan diacungi jempol adalah, menu-menu yang ada di Kitchen 501 ini merupakan menu-menu yang berasal dari warisan tua yang sudah berusia puluhan tahun. Nah.. Heritage kuliner tua semacam ini tentulah sangat patut dipertahankan, dan Kitchen 501 sudah mengambil langkah yang sangat layak dihargai. Menu-menu seperti Beef Steak 501 dan Mie Yamien 501 Kaisaradalah menu-menu yang mengandung nilai warisan resep tua yang patut dilestarikan. Begitu juga roti yang dipakai Kitchen 501 dalam menu sandwich-nya, bukan roti biasa, melainkan berdasarkan resep heritage dan dibuat dengan penuh perhatian. 

Begitu juga dengan menu minumannya, Kitchen 501 memiliki berbagai pilihan menu minuman, misalnya, dari mulai berbagai varian dan inovasi minuman dari teh, kopi, coklat, milkshake, yoghurt, sampai es krim, semuanya ada di Kitchen 501. Dan tenutnya, dengan rasa yang enak dan harga yang menarik.

Lychee Iced Tea ala Kitchen 501

Nasi Rendang Tornado ala Kitchen 501
Beef Steak 501

Mie Yamien Kaisar ala Kitchen 501

Sandwich Coklat ala Kitchen 501


Dan yang paling menarik menurut penulis Cirebon Kuliner adalah harganya! Untuk ukuran cafe resto seperti Kitchen 501, harga-harga yang ditawarkan tergolong murah! Contoh saja, Beef Steak 501 seharga Rp 29.900,-, Yamien 501 Kaisar seharga Rp 23.900,-, Roti Bakar Coklat seharga Rp 8.000,-, dan Nasi Rendang Tornado yang hanya Rp 19.900,- saja! Harga-harga tersebut tentunya relatif murah mengingat rasanya yang enak, dan dengan kualitas tempat makan yang didapat para pengunjung, nyaman, bersih, dan eksklusif tentunya. Belum lagi, pelayanan dari para waitress Kitchen 501 yang sangat ramah.

Kitchen 501 sendiri merupakan cafe resto asli dari Cirebon. Dan pemberian naman ‘Kitchen’ itu sendiri karena sesuai dengan konsepnya yang western. Sedangkan angka ‘501’ berasal dari letak bangunannya yang  berada di jalan Bahagia nomor 50, dan angka ‘1’ yang bisa berarti doa dari sang pemilik resto supaya ke depannya, cafe resto miliknya ini bisa menjadi nomor 1.

Nah, dari ulasan di atas, tentunya sudah cukup memberi informasi kepada masyarakat kota Cirebon mengenai cafe resto Kitchen 501 di jalan Bahagia nomor 50 kota Cirebon. Jadi, bagi masyarkata Cirebon, bagi yang asli maupun pendatang, yang penasaran ingin coba makan di Kitchen 501, kini jangan ragu dan jangan takut kemahalan karena harga menu-menu di Kitchen 501 ini masih terjangkau dan tidak mahal, masih relatif murah dengan kenyamanan dan pelayanan yang diberikan Kitchen 501.