Bagi sebagian orang, ketoprak mungkin hanyalah kuliner biasa yang sederhana. Namun bagi sebagian lainnya, bisa jadi, hidangan yang sederhana ini merupakan hidangan yang memiliki kenangan tersendiri, yang walaupun isinya adalah bahan-bahan makanan sederhana, tidak modern, namun tetap berasa lezat bagi penggemarnya masing-masing.

Di Cirebon sendiri, kuliner ketoprak merupakan kuliner yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan dengan gerobaknya yang khas. Ketoprak juga biasa dinikmati berbagai kalangan, walaupun mungkin kebanyakan kalangan berkantong pas-pasan. Namun begitu, banyak juga kalangan ber-duit yang gemar menyantap kuliner sederhana ini.

Nah.. ada satu penjual ketoprak di Cirebon yang sudah puluhan tahun berjualan. Dahulu pada saat awal berjualan, berlokasi di Pasar Balong, yang kini sudah berganti menjadi pusat penjualan DVD bajakan dan beberapa toko saja. Kini, penjual ketoprak ini sudah beralih lokasi selama belasan tahun terakhir di jalan Pasuketan, tidak jauh dari KFC (Kentucky Fried Chicken) di Cirebon Mall.

Sampai saat ini, Ketoprak “Pasuketan” masih bertahan dan masih memiliki penggemarnya masing-masing. Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis Cirebon mencoba mencicipi satu porsi Ketoprak “Pasuketan” ini. Dan memang, rasanya yang sederhananyalah yang membuat ketoprak ini justru menjadi lezat. Bagi warga sekitar, tentu tidak asing lagi dengan ketoprak ini. Apalagi dijual dengan harga yang masih murah, Rp 6.000,- saja per porsinya. Silahkan mencoba Ketoprak “Pasuketan” di jalan Pasuketan kota Cirebon.