Susu adalah salah satu asupan penting bagi kita. Ada beberapa susu yang dianjurkan banyak ahli karena nilai nutrisi dan manfaatnya pada tubuh, susu sapi adalah yang paling umum. Bagaimana dengan susu kambing etawa, mungkin sebagian dari kita sudah ada beberapa yang tahu soal susu kambing etawa.

Di Cirebon, ada kedai kecil namun nyaman yang menyediakan susu sapi dan kambing etawa murni, Kedai “Madinah” namanya. Terletak di kawasan Perumnas gunung, tepatnya di jalan Ciremai Raya, sebelah kanan jalan dari arah lampu merah perumnas-by pass ke arah Perumnas Gunung, tidak jauh dari SMAN 3 Cirebon.


Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu gelas susu kambing etawa murni yang disajikan dingin. Selain penasaran dengan rasanya, penulis Cirebon Kuliner juga tentunya ingin mengulas mengenai Kedai “Madinah” dan susu kambing etawa tentunya.


Dari banyak infomasi yang penulis Cirebon Kuliner baca di berbagai media, susu kambing etawa memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah bersifat antiseptik dan mampu menekan perkembangan bakteri jahat di dalam tubuh, proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare, lemaknya mudah di cerna, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, mengatasi masalah impotensi dan gairah seksual pada pria maupun wanita, mempunyai efek anti kanker, membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung, menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran nafas dan pencernaan, menyembuhkan untuk therapy beberapa penyakit paru-paru, seperti Astma, TBC, serta infeksi akut lainya pada paru-paru, menyembuhkan kelainan ginjal, membantu menyembuhkan rematik dan mencegah kerapuhan tulang(Osteoporosis).


Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin menikmati manfaat susu sapi atau kambing etawa murni, kini di Cirebon sudah ada Kedai “Madinah” yang menyediakan kedua susu tersebut.