Penampilan baru Kedai Susu JuPe
Penampilan Kedai Susu JuPe saat masih di lokasi lama
(Kedai Susu JuPe sudah pindah lokasi. Silahkan baca update di bawah)

Catchy sekali ya nama tempat makannya? Provokatif dan menggelitik yang mendengar namanya untuk datang dan mencari tahu. Memang, pebisnis kuliner jaman sekarang sangat kreatif mengkreasikan bisnis kulinernya dari mulai nama sampai kuliner yang dibisniskan. Termasuk yang CirebonKuliner liput satu ini, Kedai Susu “Jupe” alias Juragan dan Pengusaha. Adanya di jalan Perjuangan no. 10.

Susu Jupe Original

Kedai Susu “Jupe” menghadirkan minuman dari susu sapi murni sebagai hidangan utamanya dengan berbagai variasi yang menggoda untuk mencoba, dari mulai susu sapi murni yang original, sampai yang mempunyai berbagai macam rasa buah-buahan dan juga diolah menjadi minuman susu modern seperti milkshake.

Milkshake Coklat

Selain minuman berbahan dasar susu sapi murni, Kedai Susu “Jupe” juga menawarkan beberapa makanan sebagai menu pelengkapnya seperti roti bakar, sandwich, burger, juga ada mie XP atau ekstra pedas.


Yang CirebonKuliner pesan adalah susu sapi murni yang original dan milkshake coklat. Sedangkan makanannya, penulis CirebonKuliner mencoba roti bakar keju. Penulis CirebonKuliner suka sekali dengan susunya. Walaupun CirebonKuliner masih awam, tapi CirebonKuliner yakin bahwa minuman ini memang dari susu sapi murni.

Betul, lebih meyakinkan lagi ketika CirebonKuliner mencicipi milkshake coklat. Biasanya yang penulis CirebonKuliner tahu, milkshake di kebanyakan tempat makan rasanya eneg, tapi tidak dengan milkshake yang ada di Kedai Susu “Jupe” ini. Rasanya betul-betul menyegarkan. Ya mungkin hal ini tidak berlaku bagi orang yang alergi susu atau pada dasarnya tidak doyan susu.

Roti Bakar Keju

Dan roti bakar kejunya, CirebonKuliner suka dengan penampilannya. Sederhana tapi cantik. Sedangkan rasanya, sebetulnya sederhana saja, tidak begitu istimewa, tapi enak. Dari sisi harga, menurut CirebonKuliner Kedai Susu “Jupe” mematok harga yang murah. Untuk yang saya pesan, semuanya cuman Rp 14.500,- saja!

Dari aspek tempat makan, cukup cozy untuk nongkrong ramai-ramai dengan teman-teman di malam hari walaupun lokasinya tidak tepat di tengah kota.



UPDATE 1 Desember 2012



Penulis Cirebon Kuliner berkomitmen memberikan artikel informatif terupdate soal dunia kuliner di Cirebon. Oleh karenanya saat, ada tempat makan yang pernah diulas penulis Cirebon Kuliner dan sudah pindah lokasi, secepatnya penulis Cirebon Kuliner menulis informasi ter-update-nya.

Kedai Susu JuPe yang semula berlokasi di jalan Perjuangan yang jauh ke dalam, kini pindah di ujung depan jalan Perjuangan, tepatnya di seberang SMAN 4 Cirebon. Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner juga memesan beberapa menu di sini, yaitu roti bakar coklat keju, kentang goreng, dan susu vanilla ala JuPe.



Semua menu yang penulis Cirebon Kuliner pesan itu tidak lebih dari Rp 25.000,-. Oiya, saat ini Kedai Susu JuPe berlokasi sama dengan Baso Jamur Global. Sehingga, pengunjung bisa mendapatkan variasi menu yang lebih lengkap dari Kedai Susu JuPe dan Baso Jamur Global.

Roti Bakar Coklat Keju dan Susu Murni rasa vanilla ala Kedai Susu JuPe

UPDATE 9 Juli 2013


Bagi masyarakat Cirebon, khususnya yang bestatus pelajar dan bersekolah atau kuliah di kawasan jalan Perjuangan, mungkin sudah tidak asing dengan nama Kedai Susu JuPe. Dan mungkin bagi penggemar Kedai Susu JuPe di kota Cirebon semat merindukan Kedai Susu JuPe karena Kedai Susu JuPe sempat tutup dan tidak beroperasi selama hampir 4 bulan di sekitaran Maret hingga Juni 2013.

Kini, Kedai Susu JuPe kota Cirebon kembali hadir di jalan Perjuangan, di seberang SMA Negeri 4 kota Cirebon. Lokasi ini merupakan bekas lokasi Baso Jamur Global yang juga pernah dibahas penulis Cirebon Kuliner. Namun Baso Jamur Global sendiri kini hanya beroperasi di lokasi pertama yaitu di daerah Pasar Minggu, Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Dan saat ini, lokasi ini sudah digunakan secara keseluruhan oleh Kedai Susu JuPe (Juragan Pengusaha). Penulis Cirebon Kuliner pun menyempatkan diri untuk datang berkunjung kembali ke Kedai Susu JuPe. Melihat tempatnya, Kedai Susu JuPe jalan Perjuangan kota Cirebon ini memang cocok sekali bagi para pelajar atau mahasiswa terutama di sekitaran jalan Perjuangan yang ingin nongkrong, belajar bersama, atau juga mengadakan acara-acara yang membutuhkan space untuk presentasi pembicara.


Betul, Kedai Susu JuPe jalan Perjuangan kota Cirebon memang cocok sekali dijadikan tempat nongkrong, sharing, meeting bersama relasi bisnis, pertemuan komunitas. Dari menu-menu yang ditawarkan, nampaknya tidak ada banyak perubahan. Masih menawarkan susu murni sebagai barang dagangan utamanya. Dan ada beberapa menu makanan ringan seperti roti bakar, mie, dan lain-lain. Menu baru yang cukup inovatif adalah buah goreng.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi roti bakar coklat keju, fried apple, dan satu porsi susu ala JuPe dengan rasa vanilla. Yang unik saat ini, Kedai Susu JuPe memberi pilihan ukuran “susu” yang dipesan konsumen dengan ‘satuan ‘ ukuran seperti bra wanita – mungkin karena brand nya sendiri sangat mengingatkan kita kepada artis Indonesia yang cukup kontroversial, Julia Perez -, yaitu 36B dan 38B.

36B mungkin adalah untuk menu minuman susu murni ala Kedai Susu JuPe ukuran medium, sedangkan 38B adalah yang berukuran jumbo dengan gelas besar. Unik juga ya, menarik. Soal rasa, sebetulnya sederhana saja, tidak neko-neko, penulis Cirebon Kuliner yakin, masyarakat umum pun mampu men-duplikasi menu-menu yang ada di Kedai Susu JuPe jalan Perjuangan kota Cirebon ini. Namun karena Kedai Susu JuPe adalah pelopor penjual susu murni dan roti bakar dengan konsep yang lebih berani, nampaknya Kedai Susu JuPe lebih bisa diterima oleh masyarakat ketimbang warung-warung penjual susu murni yang standar-standar saja.


Oiya, selain itu Kedai Susu JuPe juga sudah bersistem franchise atau waralaba. Tercatat, sudah ada beberapa pembeli franchise di luar Cirebon, seperti Jakarta, dan Pekanbaru. Omsetnya pun terbilang lumayan. Informasi ini penulis Cirebon Kuliner dapatkan langsung dari pemilik Kedai Susu JuPe. Memang, Kedai Susu JuPe memberi warna tersendiri di dunia kuliner kota Cirebon.

Keunggulan lain dari Kedai Susu JuPe adalah harga menu-menu yang ditawarkan, relatif sangat murah. Untuk ketiga menu yang penulis Cirebon Kuliner pesan saja (susu murni rasa vanilla ukuran 38B, roti bakar keju susu, dan fried apple) hanya Rp 20.000,-an saja. Harga ini tentu cukup murah dan terjangkau untuk kantong pelajar dan mahasiswa bukan? Jadi, bagi yang belum pernah berkunjung ke Kedai Susu JuPe, jangan ragu, silahkan kunjungi Kedai Susu JuPe di jalan Perjuangan kota Cirebon, tepatnya di seberang SMA Negeri 4 kota Cirebon.