Dari awal membuat web ini, penulis Cirebon Kuliner sudah berkomitmen untuk menyajikan artikel-artikel yang mengulas berbagai kuliner atau tempat makan di Cirebon dan sekitarnya, dari mulai kelas kaki lima, sampai kelas restoran. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang menyeluruh bagi pembaca Cirebon Kuliner.

Dan kali ini, penulis Cirebon Kuliner ingin mengulas mengenai sebuah warung makan kecil yang baru saja berdiri di jalan Pilang Raya nomor 78, tepat di seberang gerbang masuk markas Arhanud. Sebetulnya, warung ini belum memiliki nama, hanya karena warna dan suasana warungnya adalah ijo, kita sebut saja Kedai Ijo.

Kedai Ijo jalan Pilang Raya ini menawarkan beberapa menu makanan, di antaranya adalah nasi lengko bumbu kacang, soto gombong, batagor, dan siomay. Dan saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis berkesempatan berbincang-bincang dengan sang pemilik Kedai Ijo. Dan dari perbincangan singkat tersebut, sang pemilik juga berencana menambahkan menu makanan lain di Kedai Ijo miliknya, seperti mie ayam, empal gentong, dan lain-lain.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu menu yang belum pernah penulis coba sebelumnya, Soto Gombong. Yang penulis Cirebon Kuliner tahu, soto gombong adalah kuliner yang berasal dari daerah Gombong, yang masih termasuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Yang membuat soto gombong berbeda dengan soto lainnya adalah getuk bumbu yang terbuat dari singkong dengan racikan bumbu tertentu sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat.

Soto gombong berisi bihun, kecambah muda, kol, irisan daging ayam, taburan kacang goreng, dan disiram dengan kuah soto yang bening tanpa santan. Saat menyantap soto gombong ala Kedai Ijo ini, penulis Cirebon Kuliner merasakan kemiripan rasa dengan kuliner khas Cirebon, bubur sop ayam! Entah memang begini rasa soto gombong atau hanya di soto gombong ala Kedai Ijo saja.

Soto Gombong ala Kedai Ijo

Tapi yang pasti, soto gombong ala Kedai Ijo ini enak rasanya, gurih, hangat, lezat. Pas sekali jika dinikmati di kota Cirebon saat malam hari untuk menghangatkan badan, apalagi jika dinikmati ketika badan kita sedang kurang enak. Ke depannya, penulis Cirebon Kuliner akan berusaha untuk mencicipi menu lain dari Kedai Ijo, agar pembaca mendapatkan informasi yang menyeluruh dan lebih komplit.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner warga Cirebon yang ingin menikmati soto gombong yang lezat dan mengahangatkan tubuh, silhakan coba soto gombong atau menu lainnya juga di Kedai Ijo jalan Pilang Raya nomor 78 kota Cirebon.