Kembali, penulis Cirebon Kuliner menemukan kuliner menarik di kawasan jalan Kartini kota Cirebon. Setelah sebelumnya penulis Cirebon Kuliner membahas Martabak Denis, Nasi Goreng Pak Gun, Surabi Bandung Alvina, Nasi Jamblang & Pedesan Entog, juga Es Serut Mang Iwan, kini penulis Cirebon Kuliner akan mengulas Kebab Turki jalan Kartini.


Tapi sebelumnya pembaca Cirebon Kuliner jangan sampai salah kira dahulu, karena Kebab Turki yang ada di jalan Kartini kota Cirebon ini bukan Kebab Turki yang sudah berkonsep franchise atau waralaba. Kebab Turki yang satu ini adalah bisnis kuliner kebab yang dimiliki warga asli Cirebon turunan Arab.

Penulis Cirebon Kuliner belum sempat menemui langsung sang pemilik, baru berbincang-bincang saja dengan pramusaji Kebab Turki jalan Kartini ini. Yang paling membuat penulis Cirebon Kuliner tertarik adalah cara memasak kebab di Kebab Turki jalan Kartini ini, yaitu dengan cara memanggangnya dengan mendekatkan si kulit atau adonan kebab ke panggangan daging kebab, seperti yang terlihat di foto.


Cara pemanggangan adonan kebab inilah yang sudah sejak lama dicari penulis Cirebon Kuliner di Cirebon. Karena sekarang ini, banyak pemilik usaha kebab kaki lima yang memasak adonan kebab dengan teknik pan-fried di pan penggorengan biasa. Sedangkan cara alami memanggang adonan kebab ke pemanggangan tentunya memberi aroma dan cita rasa tersendiri pada adonan kebab tersebut.

Teknik memanggang langsung adonan kebab seperti ini memberi cita rasa tersendiri pada adonan kulit kebab


Terakhir yang penulis Cirebon Kuliner temui, pedagang kebab yang menggunakan cara pemanggangan ini adalah Kebab jalan Siliwangi kota Cirebon. Namun saat ditemui dan diulas, Kebab jalan Siliwangi itu sudah menggunakan pan penggorengan untuk memasak adonan kebabnya.

Kebab Turki jalan Kartini menawarkan beberapa menu lainnya seperti roti shawarma, burger kebab, dan roti maryam. Kebab yang dipesan penulis Cirebon Kuliner saat mengunjungi Kebab Turki jalan Kartini ini adalah kebab yang komplit dengan keju, dengan harga Rp 11.000,- saja.


Menurut penulis Cirebon Kuliner, rasa kebab dari Kebab Turki jalan Kartini ini tergolong enak, mungkin selain karena proses pemanggangan adonan kebab yang penulis Cirebon Kuliner bahas tadi, juga karena kualitas daging kebab yang bercita-rasa khas. Jadi bagi anda penggemar kebab, Kebab Turki jalan Kartini ini sangat layak dicoba. Oiya, Kebab Turki ini biasa mangkal di jalan Kartini, tepatnya di seberang pintu masuk parkiran mobil Masjid At-Taqwa kota Cirebon, atau persis di samping Bank Arta Graha, dan biasa buka dari sekitar pukul 4 sore sampai jam 12 malam setiap harinya.