Negara kita Indonesia memang surganya kuliner, berbagai macam kuliner dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cita rasa khasnya masing-masing. Dari cita rasa yang pedas, gurih, sampai cita rasa yang manis. Salah satu daerah di Indonesia yang memilki cita rasa manis yang khas pada berbagai kulinernya adalah daerah Yogyakarta. Dan pembaca Cirebon Kuliner tentu sudah tahu bahwa kuliner khas Yogyakarta yang paling populer sampai ke luar Yogyakarta adalah Gudeg Jokja.

Di Cirebon sendiri, sudah ada beberapa penjual gudeg khas Jokja yang enak. Dan pada kesempatan ini, penulis Cirebon Kuliner ingin mengulas mengenai satu penjual gudeg yang terhitung masih baru di Cirebon, namun sudah berjualan dengan cara masa kini, yaitu dengan menggunakan armada sepeda motor roda tiga. Adalah Gudeg “H. Akim” yang akan penulis Cirebon Kuliner bahas.

Gudeg “H. Akim” dimiliki oleh warga asli Cirebon yang beristri asli orang Yogyakarta. Gudeg “H. Akim” biasa mangkal dipagi hari di jalan Siliwangi, tepatnya di kawasan alun-alun Kejaksan kota Cirebon. Iya, kuliner Jokja yang satu ini memang pas sekali dinikmati di pagi hari. Seperti gudeg Jokja pada umumnya, Gudeg “H. Akim” ini berisi isian makanan khasnya, di antaranya yaitu telur semur, cecek, sayur nangka, dan bumbu khas gudeg yang berasa manis. Dan yang istimewa, Gudeg “H. Akim” menawarkan ayam kampung sebagai lauk utamanya.


Saat berkesempatan mencicipi, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi gudek Jokja ala Gudeg “H. Akim” dengan daging ayam kampung. Rasanya tentu khas gudeg Jokja, manis dan lezat. Berisi isian makanan berat, namun rasanya ringan, cocok sekali untuk sarapan. Satu porsi gudeg komplit dengan ayam kampung ini berharga Rp 20.000,-. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang menggemari kuliner khas Jokja yang satu ini, silahkan cicipi Gudeg “H. Akim” di sekitaran alun-alun Kejaksan kota Cirebon.